27.3 C
Jakarta
8 September 2024 - 06:35
PosBeritaKota.com
Daerah

Hadir Bupati Hj Nina Agustina Bersama Jajaran, DIREKTUR URAIS KEMENAG RI Tampil Sebagai Khotib Sholat Ied di Alun-alun Indramayu

POSBERITAKOTA.COM: Bupati Indramayu Hj Nina Agustina Bachtiar, ikut hadir untuk melaksanakan Sholat Ied (Idhul Adha 1445 H) bersama jajaran Forkopimda di Alun-alun Puspawangi, Indramayu, Senin (17/6/2024).

Bertindak sebagai Imam Sholat Ied, yakni KH M Mustofa yang merupakan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Indramayu. Sedangkan untuk khotib dipercayakan kepada DR H Adib M.Ag yang sehari hari menjabat Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembina Syariah Kementerian Agama RI.

Dalam uraian kutbahnya, khotib DR H Ajib M.Ag mengungkapkan bahwa setidaknya ada 3 hal yang mendasari pada pelaksanaan Idhul Adha 1444 H/2024 Masehi.

Yang pertama, bahwa ibadah qurban memberikan pesan berbagi kepada sesama kaum Muslimin melalui kegiatan berbagi daging qurban yang dibutuhkan nutrisinya untuk tumbuh dan kembang kaum Muslimin.

Hal tersebut ditambahkan khotib, karena sangat berkaitan dengan masih adanya masalah-masalah stunting atau gizi buruk.

Lantas yang kedua, pesan-pesan yang disampaikan pada Idhul Qurban, yaitu menumbuhkan kesadaran kepada kaum Muslimin yang berkaitan erat dengan ahlak.

“Tentunta ini sebagaimana diteladani Nabi Ibrahim AS yang memperoleh wahyu dari Allah SWT untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail AS yang sangat menjunjung tinggi ahlak mulia,” ujarnya.

Pada saat Nabi Ibrahim AS berdialog dengan anaknya, ternyata Nabi Ismail AS sebagai putra kesayangan dengan ikhlas menyerahkan diri sesuai dengan perintah Allah SWT.

Sedang untuk pesan yang ketiga, momentum Idhul Qurban juga dapat mencetak generasi terbaik di bidang pendidikan pada lingkungan masyarakat yang berahlakul karimah.

Sepanjang perjalanan pelaksanaan Sholat Ied (Idhul Adha 1445 H) berjalan lancar. Setelah itu, dilakukan acara ramah tamah. © RED/TARYANI/EDITOR : GOES

Related posts

Setelahnya Ikut Senam Bersama, 1.657 GURU PPPK Ikrar Sukseskan Demi Visi Indramayu Bermartabat

Redaksi Posberitakota

Kejadian Pukul 16.49 WIB, GILIRAN GEMPA BUMI Berkekuatan Magnitudo 6.1 Landa Kabupaten Garut

Redaksi Posberitakota

Tingkat Provinsi Jabar 2022, DESA GEDEPANGRANGO Jadi Finalis ‘One Village One Story’

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang