31.7 C
Jakarta
19 July 2024 - 12:13
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Rapat Paripurna HUT ke-497 Kota Jakarta, PJ GUBERNUR DKI HERU BUDI HARTONO Ajak Semua Pihak Sinergi Membangun Kota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam rangka memperingati HUT ke-497 Kota Jakarta, DPRD Provinsi DKI Jakarta menggelar Rapat Paripurna, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengajak semua pihak untuk bersinergi dan menjalin hubungan baik demi menghadapi berbagai tantangan pembangunan Kota Jakarta di masa yang akan datang.

“Tentunya kita tahu bahwa Jakarta akan terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur. Termasuk kualitas hidup warga serta membenahi paradigma kelembagaan. Dengan semangat mewujudkan Sukses Jakarta untuk Indonesia, diharapkan Jakarta dapat berdiri sejajar dan bersaing dengan kota-kota lain di dunia,” ucapnya.

Heru Budi menambahkan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta, status ibu kota akan ditinggalkan dan siap bertransformasi menjadi pusat perekonomian nasional dan Kota Global. Oleh karenanya, ‘Jakarta Kota Global Berjuta Pesona‘ merupakan tema yang tepat untuk menunjukkan komitmen Pemprov DKI dalam mewujudkan Jakarta sebagai destinasi global yang memukau bagi investor, pelaku ekonomi, dan warga dunia.

“Selama ini kita menyaksikan pencapaian pembangunan fasilitas kota, peningkatan layanan publik serta inovasi di berbagai sektor yang merupakan hasil dari kerja keras bersama antara Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Jakarta. Sedangkan keberhasilan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menggaungkan kota ini sebagai destinasi event internasional seperti Meetings, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE), konser musik, kegiatan olahraga hingga festival seni dan budaya,” tegasnya.

Pada bagian lain, Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya menjaga stabilitas ekonomi, meningkatkan kualitas hidup, dan memastikan ketersediaan layanan publik yang optimal bagi seluruh masyarakat melalui berbagai cara. Seperti pengendalian inflasi, penanganan stunting, penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), peningkatan layanan publik, penanggulangan kemiskinan ekstrem serta peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan.

Sedangkan sebagai upaya menjaga tingkat inflasi tahunan pada kisaran 2,11 persen, dilakukan operasi pasar murah, bantuan sosial dan urban farming serta kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk mendukung stabilitas harga pangan dan pasokan. Juga percepatan penurunan angka stunting dilakukan melalui program pemberian makanan tambahan, Jakarta Beraksi, pengembangan dashboard stunting dan program orangtua asuh.

Namun untuk pengembangan tata kelola dan kinerja bisnis dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas dalam penguatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Adapun peningkatan layanan publik dilakukan dengan mengimplementasikan SOP di berbagai layanan untuk memastikan kecepatan, transparansi dan pemerataan.

Untuk selanjutnya di dalam menerapkan distribusi bantuan sosial, pemberian subsidi, pelatihan keterampilan kerja dan pengembangan kewirausahaan terpadu dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem di Jakarta.

Tak lupa Pj Gubernur Heru Budi menambahkan bahwa Pemprov DKI Jakarta juga melakukan pemadanan dan pemutakhiran data bantuan sosial untuk memastikan pendistribusian yang tepat sasaran, serta mengupayakan pembangunan rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang layak dan berkualitas bagi warga.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan bagi kita dalam mewujudkan Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global yang terus melaju dan menjadi unsur terdepan pertumbuhan Indonesia,” tutup Heru Budi. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Respon Seruan Gubernur DKI, PT OVAL ADVERTISING Promosikan Asian Games

Redaksi Posberitakota

Demi Wujudkan Kota Cerdas, PEMPROV DKI Bikin MoU Bersama 8 Perusahaan Startup

Redaksi Posberitakota

Selain Utamakan HAM dalam Implementasi Kebijakan, PJ HERU BUDI Kukuhkan 35 Anggota Gugus Tugas Daerah Bisnis

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang