PosBeritaKota.com
Daerah

Ada 8 Manfaat, BUAH LANGSAT ‘KOKOSAN’ Laris Manis Diobral di Pinggir Jalan Antara Haurgelis – Indramayu

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Bicara soal buah Langsat memang masih terasa asing ditelinga masyarakat luas. Namun bagi warga Indramayu dan sekitarnya, justru akrab dengan nama buah ‘Kokosan‘. Yang saat ini tengah mengalami panen raya.

Umumnya di sejumlah daerah di Jawa Barat, buah Kokosan begitu gampang dijumpai. Termasuk di wilayah Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Untuk buah Kokosan di Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, justru dijual pedagang dengan menggunakan mobil bak atau pikap di pinggir jalan, tepatnya di Desa Cipancuh.

Mereka menjual buah Kokosan bersama para pedagang buah-buahan yang lain. Ada sobekan kardus bertuliskan 6.000, sebagai penanda bahwa pedagang melego buah Kokosan tersebut dengan harga Rp 6 ribu/Kg.

Mengingat harganya terjangkau alias murah meriah, tentu saja banyak pengendara motor atau mobil dan pesepeda yang melintas di Jalan Raya Haurgeulis – Patrol, tertarik membeli. Apalagi stok buah Kokosan itu cukup melimpah nyaris separuh bak mobil.

Seorang pedagang buah Kokosan menyebut, buah Kokosan berasal dari Ciamis. “Tadi pagi buah Kokosan dikirim puluhan kilogram sudah habis. Sekarang stoknya ditambah lagi,” ujarnya kepada POSBERITAKOTA, Kamis (27/6/2026) kemarin seraya mengakui omzet penjuala buah Kokosan cukup laris.

Melansir dari berbagai sumber, mengkonsumsi buah Kokosan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Sedikitnya ada 8 manfaat yang bisa diraih jika mengkonsumsi buah Kokosan yang banyak mengandung polifenolnya dipercaya bisa mengontrol kolesterol dalam darah.

Manfaat tersebut juga berasal dari kandungan serat tidak larutnya. Serat dalam buah langsat menghambat penyerapan lemak jenuh yang berdampak negatif untuk tubuh. Khasiat ini tentu saja didambakan oleh para pengidap kolesterol.

Berikut berbagai manfaat buah langsat untuk kesehatan:

1. Mengatasi sembelit
Kunci utama pencernaan yang sehat adalah mencukupi kebutuhan serat. Nah, sumber serat ini bisa kamu penuhi dari buah langsat. Setiap 100 gram buah langsat mengandung dua gram serat. Tentunya, jumlah ini cukup untuk memenuhi delapan sampai 11 persen kebutuhan serat seseorang. Ketika asupan ini terpenuhi, masalah seperti sembelit bisa diantisipasi.

2. Mengontrol berat badan
Serat juga bisa mengontrol berat badan kamu. Sebab, asupan ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Meski begitu, tetap perhatikan jumlah kalorinya, ya. Sebab, setiap 100 gram langsat saja sudah mengandung 57 kalori. Meskipun jumlah kalorinya masih lebih rendah ketimbang duku, sebaiknya hindari makan berlebihan.

3. Aman untuk pengidap diabetes
Belum ada bukti yang kuat kalau buah langsat bisa mencegah atau mengelola penyakit diabetes. Namun, buah ini sudah dipastikan aman untuk para pengidap diabetes. Lagi-lagi karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat yang tidak larut tersebut bisa mencegah berat badan berlebih. Obesitas atau berat badan berlebih adalah salah satu faktor risiko utama diabetes.

4. Menjaga fungsi saraf
Buah langsat mengandung berbagai vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan asam folat. Seluruh zat-zat tersebut membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Kandungan B2 yang cukup tinggi juga mampu menjaga fungsi sistem saraf agar tetap optimal.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular mencakup serangan jantung, stroke dan hipertensi. Penyakit-penyakit tersebut bisa kamu cegah dengan buah yang masih satu spesies dengan duku, lho! Manfaat ini berasal dari kandungan kaliumnya yang cukup tinggi. Senyawa tersebut mampu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

6. Menjaga kesehatan gigi
Kandungan fosfor yang pada buah langsat mampu menjaga kesehatan gigi. Bukan itu saja, senyawa tersebut juga terbukti mencegah sederet permasalahan gigi, seperti sakit gigi, menguatkan gigi, dan mencerahkan gigi secara alami.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Khasiat ini berasal dari vitamin C pada buah langsat. Vitamin yang satu ini masuk dalam kategori antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh bisa merusak sel-sel sehat sehingga kamu gampang jatuh sakit.

8. Mencerahkan kulit
Bukan cuma kesehatan, buah langsat juga punya khasiat kecantikan. Beberapa produk perawatan kecantikan bahkan menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya. Tak hanya itu, buah ini juga bisa mencerahkan sekaligus melembapkan kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, flek hitam, kulit kering dan kusam. © RED/TARYANI/EDITOR : GOES

Related posts

Setelah Keluar Putusan MK, PASANGAN DADANG & SAHRUL GUNAWAN Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada Bandung

Redaksi Posberitakota

Di Situ Gede Bogor, HJ CAMELIA PANDUWINATA Hadiri Kegiatan Ormas FORKOM Bela Negara Menaman Pohon Demi Pelestarian Lingkungan

Redaksi Posberitakota

Saat Resmikan ‘Kampung Joglo’ di Tanjung Lesung, DESAINER MIGI Bersama Suami Andrew Sekalian Gelar Acara Adat Mitoni

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang