31.7 C
Jakarta
19 July 2024 - 13:12
PosBeritaKota.com
Nasional

Di Flores Timur NTT, BADAN GEOLOGI KEMENTERIAN ESDM Sebut Semburan Debu Vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki ke Arah Barat & Barat Daya

FLORES TIMUR (POSBERITAKOTA) – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menghimbau warga agar mewaspadai sebaran debu vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ke arah Barat dan Barat Daya.

“Dalam tiga hari belakangan dominan ke arah barat daya-barat,” ucap Pengamat Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki, Emanuel Rofinus Bere dikutip dalam laman resmi Badan Geologi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Dikatakan Emanuel bahwa Gunung Lewotobi Laki-laki kini berada pada tingkat aktivitas Level III atau Siaga dan terus mengalami erupsi yang mengeluarkan semburan debu vulkanik.

“Namun untuk sebaran dari debu vulkanik itu dominan ke sisi Barat dan Barat Daya sehingga menghujani beberapa desa yang berada di sisi tersebut,” katanya.

Kembali diinformasikan bahwa dari sisi Barat Gunung Lewoloba Laki-laki, terdapat Desa Pululera, Hokeng, Dusun Wolorona, Dusun Goloriang dan Desa Klatanlo. Sedangkan di sisi barat daya terdapat Dusun Padang Pasir, Dusun Wotupudor, Dusun Kumaebang dan Desa Boru.

Namun dengan tingginya aktivitas erupsi, Emanuel selanjutnya mengingatkan agar warga desa terus mengenakan masker agar tidak terpapar debu vulkanik.

Bahkan hal tersebut menjadi rekomendasi bagi masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki. “Harus menggunakan masker atau penutup mata, hidung dan mulut,” jelas Emanuel, lagi.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Flores Timur, Avelina Hallan, menjelaskan pihaknya telah melakukan upaya penyiraman di lorong-lorong desa dan jalan raya sejak awal Juni 2024, untuk mengurangi sebaran debu vulkanik yang membuat jalanan licin dan menghalangi pandangan.

“Jadi, kami telah menyalurkan masker kepada warga melalui pemerintah kecamatan dan desa masing-masing,” ujar Avelina.

Bukan hanya itu saja. Bantuan logistik berupa biskuit protein, susu bayi, bubur bayi, makanan siap saji, hygiene kit, sabun mandi, dan sabun cuci tangan juga telah tersalurkan ke Desa Klatanto, Hokeng Jaya, Desa Persiapan Padang Pasir, Pululera, Nawokote, Desa Persiapan Nawokote B, Boru dan Boru Kedang.

“Sekarang menanti pendataan yang dilakukan oleh desa lain untuk distribusi bantuan berikutnya,” kata Avelina.

Dari laporan Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi Laki-laki, erupsi terakhir terjadi pada pukul 06.45 WITA dengan tinggi kolom abu 700 meter di atas puncak.

Badan Geologi masih merekomendasikan agar masyarakat, pengunjung, dan atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 KM dari pusat erupsi serta Sektoral 4 KM pada arah utara-timur laut dan 5 KM pada Sektor Timur Laut.

Adapun status siaga darurat bencana alam erupsi Gunung Api Lewotobi Laki-laki telah diperpanjang selama tiga bulan, terhitung sejak 25 Juni 2024 hingga 24 September 2024 oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur. © RED/APRILIO RIZKY/EDITOR : GOES

Related posts

Ada Nama Prof Dailami Firdaus, KURSI DPD DKI Jakarta 2024-2029 Siap Diduduki 2 Petahana & 2 Wajah Baru

Redaksi Posberitakota

Jadi Kampus Pertama, UNIVERSITAS AS SYAFI’IYAH JAKARTA Tuan Rumah ‘Kompetisi Madrasah Robotik 2020’

Redaksi Posberitakota

Pelaku Diduga Masih Hidup, BOM BUNUH DIRI di Pos Pantau Polisi Kartasura Jateng

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang