Suasana di Indramayu, SERUNYA EMAK-EMAK Antar Anak Masuk Sekolah Pada Hari Pertama Belajar

INDRAMAYU (POSBERITAKOTA) – Dag-dig-dug dan pasti dibikin repot, begitulah yang dirasakan kalangan Emak-Emak (ibu-red) dimana pun berada, saat harus mengantar putra-putrinya untuk menempuh pendidikan sekolah (belajar) di hari pertama belajar. Bahkan, bagi mereka boleh jadi merupakan hari bersejarah bagi orangtua.

Bukan persoalan gampang manakala meminta anak-anak untuk berani masuk kelas di hari pertama sekolah. Tak jarang kalangan Emak-Emak pun, butuh waktu beberapa hari, sampai akhirnya anak-anak sudah merasa aman dan nyaman untuk belajar di kelas mereka masing-masing.

Pemandangan atau suasana tersebut juga terlihat di lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Al Furqon yang berada Kecamatan Indramayu. Pada Senin (15/7/2024) pagi nampak sudah dipenuhi puluhan orangtua. Mereka menunggu anak-anaknya. Bahkan ada yang berusaha membantu mencari bangku alias tempat duduk bagi anak-anaknya.

Menurut Kepala TK Al Furqon, Entin, pihaknya mengingatkan kepada orangtua agar tidak masuk kelas. Cukup melihatnya dari kejauhan saja. “Kenapa? Ini maksudnya bukan apa-apa! Iya agar anak bapak dan ibu bisa belajar dengan mandiri. Artinya kelak tidak bergantung lagi pada orangtua,” ujarnya.

Entin kembali mengemukakan bahwa setelah ibu atau bapak menyerahkan kepercayaan menyangkut pendidikan kepada sekolah, maka orangtua tidak perlu harus menunggui anaknya sekolah. “Jika mau nungguin anak belajar di sekolah, boleh-boleh saja. Tapi, cukup seminggu saja,” pintanya.

Kalangan orangtua diharapkan cukup antar jemput anak saja. Jadi, tidak usah sampai harus menunggu anak-anak belajar. Sejak awal hingga pulang sekolah. Apabila ada anak- anak ibu yang tidak mau belajar, ya jangan dipaksa dulu. Apalagi sampai dicubit atau dipukul. Berikan saja pengertian secukupnya.

“Mah pulang yuk, Ade ingin main tembak-tembakan di rumah,” ujar seorang anak merengek minta pulang ke orangtuanya. Kejadian ini kerapkali bikin orangtua marah, karena harus pulang sebelum waktunya.

Digambarkan Entin lebih lanjut bahwa sambil menunggu anak belajar, kalangan ibu-ibu atau Emak-Emak bisa ngobrol diluar. Tak sedikit ada yang ngobrol serius dan ada pula yang sambil bercanda maupun tertawa.

Begitulah suasana di hari pertama masuk sekolah yang tampak seru. Jam sekolah hari Senin (15/7/2024) pukul 07.00 WIB senam pagi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut masuk ruang kelas dan guru menempelkan kertas bertuliskan nama pada semua murid baru, agar mudah dikenali. © RED/TARYANI/ EDITOR : GOES

Related posts

Saat Liburan Maulid Nabi, JALUR PUNCAK Macet Total Karena Dibanjiri 150 Ribu Motor & Mobil

Terkait Lahan APL di Desa Bahodopi, LSM SABER KORUPSI Desak Aparat Melakukan Penegakan Hukum

Gelar Maulidurrasul SAW di Tegal, MARKAZ AHBABUL MUSTHOFA Tak Kurang Dibanjiri 5000-an Jamaah