27.3 C
Jakarta
8 September 2024 - 06:25
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Perlu Pendampingan Orangtua, HERU BUDI Ingatkan Agar Anak Bijak Dalam Berinternet

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyelenggarakan Festival Ekspresi Anak 2024 di Dufan, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (18/7/2024).

Sedangkan pelaksanaan festival itu sendiri sebagai wujud perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2024. Acara yang mengusung tema ‘Anak Cerdas, Berinternet Sehat’ tersebut, dihadiri sekitar 1000 peserta yang terdiri dari perwakilan forum anak di 38 provinsi, anak-anak DKI Jakarta serta anak-anak perwakilan dari kelompok khusus penerima manfaat program.

Dalam Festival Ekspresi Anak 2024 turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga.

Namun melalui pesan video Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, menuturkan bahwa pada era digital, anak perlu diberikan ruang berekspresi dan berkembang.

“Meski begitu, tentu tetap dengan pendampingan, bimbingan.dan batasan yang jelas dari orangtua. Maksudnya agar mereka tetap berada pada jalur positif. Penting untuk memastikan anak-anak menjadi pengguna internet dan media sosial yang bijak. Mereka perlu mengecek kebenaran informasi, tetap menjaga etika dan tutur bahasa. Selain itu, memilih konten yang positif dan bermanfaat,” urainya.

Heru Budi juga berpesan agar anak Indonesia menjadi pribadi yang cerdas dan bersemangat serta tidak ragu untuk bermimpi. “Kepada anak-anakku, jadilah anak yang cerdas, bahagia.dan bersemangat. Jangan ragu untuk bermimpi, karena mimpi kalian adalah harapan bagi masa depan Indonesia,” ucap dia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan bahwa anak Indonesia merupakan generasi masa depan yang penuh potensi. Mereka tumbuh pada era di mana teknologi dan internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Namu dengan semua kecanggihan dan kesempatan yang ditawarkan internet, datang tanggung jawab besar untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan bertanggung jawab. Namun, sayangnya, tidak semuanya anak dapat memanfaatkan perkembangan teknologi secara optimal,” tegasnya.

Selain itu, Bintang juga menambahkan bahwa banyak pula kasus penyalahgunaan internet oleh anak, seperti adiksi gawai dan game online. Bahkan, banyak data pribadi anak yang tersebar dan anak mendapat kekerasan serta eksploitasi secara ekonomi maupun seksual.

“Karena itulah, kita semua baik anak-anak maupun dewasa, perlu bergandengan tangan untuk meningkatkan kecerdasan digital untuk menjadi salah satu benteng digital di ranah daring,” ungkapnya.

Melalui acara tersebut, Bintang sangat berharap anak-anak dapat bergembira, mengembangkan potensi, lebih percaya diri, berkenalan satu sama lain serta melek dunia digital dengan aman dan sehat. “Teruslah perkaya diri sebanyak-banyaknya dengan karya positif,” tutupnya. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Lindas Pengendara Motor, 7 TRUK Dirusak Massa di Kalideres

Redaksi Posberitakota

Minimal 30 Persen Ormas, CAKETUM BAMUS BETAWI di Munas VIII Harus Penuhi Persyaratan Dukungan

Redaksi Posberitakota

Khawatir 14 Pejabat Plt Ngambek, ANIES Tunda Pengumuman Lelang Jabatan Eselon 2

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang