27.3 C
Jakarta
8 September 2024 - 06:36
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Bersama Undira Jakarta, DISPUSIP DKI Gelar Seminar Peningkatan Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta bersama Universitas Dian Nusantara (Undira) menggelar seminar untuk meningkatkan peran perpustakaan perguruan tinggi di era digitalisasi.

Pelaksanaan seminar ini menunjukan perhatian perpustakaan Undira. Sedangkan seminar bertema: ‘Peluang dan Tantangan Perpustakaan sebagai Pintu Akses Semua Pengetahuan pada Era Digital dan Society 5.0’ dilaksanakan di Kampus Undira, Tanjung Duren, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Kepala Dispusip DKI Jakarta, H Firmansyah Wahid, perpustakaan perguruan tinggi memiliki fungsi dan peran penting sebagai institusi pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa kedepan.

“Maka itu, perpustakaan sebagai bagian yang mendukung visi dan misi perguruan tinggi diharapkan memiliki dampak yang kuat,” ujar H Firmansyah di Jakarta, Senin (22/7/2024).

Kembali ditambahkan H Firmansyah, digitalisasi adalah era yang nyata terjadi. Kemampuan adaptasi yang baik harus dimiliki perpustakaan dalam menangkap potensi peluang.

“Selanjutnyajuga untuk mengantisipasi tantangan yang mungkin terjadi, seiring berubahnya pola kebutuhan pemustaka yang berbasis digital dan semakin terpersonalisasi” katanya.

Karena itulah, H Firmansyah mengapresiasi Undira Jakarta yang terus berupaya meningkatkan kualitas dan kapasitas perpustakaan melalui sinergi bersama Dispusip DKI.

“Jadi, pelaksanaan seminar ini menunjukan perhatian perpustakaan Undira dalam membekali mahasiswa untuk nantinya dapat berkontribusi terhadap kemajuan Jakarta sebagai Kota Global,” ungkapnya.

Pada sisi lain, H Firmansyah berharap agar perpustakaan perguruan tinggi memiliki kemampuan adaptasi yang semakin baik di era digitalisasi yang dinamis. “Dengan begitu mampu berkembang menyesuaikan kebutuhan pemustaka yakni civitas akademika di perguruan tinggi masing-masing,” imbuhnya.

Perlu diketahui seminar menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Wilayah DKI Jakarta, Irma Irawati; Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan Nasional RI, Deine Pangalila dan Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Dian Nusantara, Margono Sugeng. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Humanika Gelar Diskusi Kekosongan Wagub DKI, ANIES Didesak Cairkan Kemacetan Politik di DPRD

Redaksi Posberitakota

Tingkat Kematian di DKI Turun, ANIES Tegaskan Penanganan Kasus COVID-19 Relatif Terkendali

Redaksi Posberitakota

Nampung dari 100 Jadi 300 Ribu, PERLUASAN STASIUN TANAH ABANG Diresmikan Pj Gubernur DKI Bersama Menhub

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang