25.4 C
Jakarta
29 September 2024 - 07:21
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Jadi Pusat Ekonomi & Kota Global, SEKDA JOKO AGUS SETYONO : “Momentum HUT ke-79 Kemerdekaan RI Guna Optimalkan Potensi Jakarta”

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Silang Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2024), Sekda Joko Agus Setyono menyampaikan amanat agar momentum ini guna  mengoptimalkan potensi Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan Kota Global.

Diungkapka Joko Agus bahwa untuk HUT RI di tahun ini mengusung tema : ‘Nusantara Baru Indonesia Maju‘. Dimana tema itu menggambarkan semangat baru dalam menyukseskan beberapa transisi besar di Indonesia. Salah satunya perpindahan Ibukota Negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Adanya Ibukota baru menjadi momentum bagi Jakarta untuk berbenah dan mengoptimalkan potensinya sebagai pusat perekonomian nasional dan Kota Global,” ucap Joko Agus yang ditunjuk sebagai pengganti Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk menjadi Inspektur Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI tersebut.

Melalui amanatnya tersebut, peserta upacara diingatkan untuk mengenang dan menghayati perjuangan para pahlawan. Diharapkan hal tersebut menjadi motivasi untuk terus berkontribusi demi mewujudkan bangsa yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat. Terutama bagi Jakarta yang akan terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif, dan berfokus pada pengembangan infrastruktur yang lebih modern dan berkelanjutan.

“Namun perbaikan kualitas hidup warga serta peningkatan daya saing di skala global. Transformasi ini diharapkan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia, sesuai dengan Cita Provinsi Jakarta yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia,” ujar Joko Agus, lagi.

Selanjutnya, ditambahkan Joko Agus, dalam menjalankan peran barunya, Jakarta masih perlu memperhatikan beberapa hal fundamental seperti mengatasi banjir, mengurangi kemacetan, menyediakan perumahan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah serta mengurangi polusi dan emisi dengan strategi ekologi yang tepat.

Jakarta juga perlu mengoptimalkan penanganan sampah dan limbah secara efektif serta meningkatkan akses air bersih. Semangat menjadikan Jakarta sebagai unsur terdepan kemajuan Indonesia perlu terus dijaga.

Joko Agus juga berharap bahwa seluruh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memaknai perayaan HUT RI. Yakni dengan memperkuat komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam menjawab berbagai tantangan yang dihadapi Kota Jakarta.

“Maka, kita harus memastikan bahwa setiap pelaksanaan kebijakan dan program pembangunan selalu mengutamakan keberlanjutan dan inklusivitas, demi mendukung transformasi Jakarta sebagai Kota Global yang layak huni serta mampu sejajar dengan kota-kota maju lainnya di dunia,” ungkapnya.

Sekda Joko Agus menyebut bahwa  Pemprov DKI Jakarta berupaya mengoptimalkan kinerja di berbagai aspek. Salah satu buktinya adalah Jakarta kembali berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk yang ke-7 kalinya secara berturut-turut.

Hal ini merupakan hasil dari kerja keras, konsistensi, keseriusan dan sinergi lintas jajaran di Pemprov DKI Jakarta yang didukung oleh DPRD DKI Jakarta, terutama dalam meningkatkan dan mempertahankan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

“Untuk pencapaian ini menjadi pemantik semangat untuk terus melakukan perbaikan pengelolaan keuangan dan aset daerah, sebagai bentuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel di Provinsi DKI Jakarta,” tegasnya.

Takut lupa Joko Agus mengingatkan bahwa menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada), seluruh ASN di Jakarta agar menjaga sikap netral yang merupakan cerminan profesionalitas ASN. Dengan begitu juga akan menjaga kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah. ASN bersama elemen masyarakat berperan penting mendukung proses demokrasi yang adil dan transparan di Provinsi DKI Jakarta.

“Untuk iru, saya mengajak seluruh masyarakat Jakarta berpartisipasi aktif dalam Pilkada dengan menggunakan hak pilihnya secara bijak dan bertanggung jawab, sekaligus menjaga suasana Pilkada Jakarta tetap kondusif aman dan tertib,” pungkas Joko Agus. © RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Di Kali Utan Kayu, PETUGAS UPK BADAN AIR Temukan Lagi Arwana Emas

Redaksi Posberitakota

Klaim BPJS Nunggak, RUMAHSAKIT Boleh Pinjam ke Bank DKI dengan Bunga Ringan

Redaksi Posberitakota

Di Balaikota DKI Jakarta, GUBERNUR ANIES BASWEDAN Siapkan 5.200 Vaksin COVID-19 untuk Para Wartawan

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang