Dimulai 2 September, KPU JAKARTA Sudah Bisa Terima Hasil Tes Kesehatan Bakal Cagub & Cawagub

JAKARTA (POSBERITAKOTA) –  Lembaga Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya sudah bisa menerima hasil tes uji kesehatan calon gubernur dan wakil gubernur (Cagub & Cawagub) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024, Senin (2/9/2024) hari ini.

Namun diinformasikan pula bahwa untuk seremoni penerimaan hasil rangkaian tes tersebut, baru akan dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB sore ini.

Wahyu Dinata selaku Ketua KPUD Jakarta, mengatatakan bahwa penyerahan hasil tes kesehatan ini sebagai syarat utama kelayakan pasangan Cagub & Cawagub peserta Pilgub Jakarta 2024.

“Setelah diterima tentunya segera akan kami pelajari hasilnya. Jadi, ini bagian dari penilaian keseluruhan ya tentang persyaratan calon. Calon itu salah satunya harus mampu secara jasmani, rohani.dan bebas dari penyalahgunaan narkotika,” terang Wahyu kepada awak media, di RSUD Tarakan pada Minggu (1/9/2024) kemarin.

Wahyu juga menyebutkan bahwa  KPU Jakarta akan mempelajari hasil tes kesehatan pasangan masing – masing sosok Cagub & Cawagub. Perincian hasil uji fisik dan psikis mereka rencananya akan diserahkan langsung oleh Direktur RSUD Tarakan Dian Ekowati.

KPUD Jakarta mengungkapkan bahwa hasil tes kesehatan menjadi salah satu faktor penetapan pasangan calon, untuk dapat maju dalam Pilgub Jakarta 2024. Kalau tidak memenuhi syarat, maka ada kemungkinan pasangan Cagub & Cawagub didiskualifikasi serta diganti oleh figur lain yang memenuhi syarat.

“Dalam hal itu tentu ada mekanisme yang akan kami sampaikan kepada pasangan calon perorangan atau kepada partai politik dan gabungan partai politik. Nanti mekanismenya kita akan mengacu kepada peraturan KPU,” jelas Dody Wijaya, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPUD Jakarta.

Namun sebelumnya, ketiga pasangan Cagub & Cawagub yang mendaftar ke KPU Jakarta telah menyelesaikan tes kesehatan. Kegiatan tersebut dilakukan oleh tim dokter gabungan di RSUD Tarakan pada pekan lalu.

Patut diketahui pula bahwa pasangan Cagub & Cawagub Dharma Porengkun bersama Kun Wardana menjadi pasangan yang terakhir menjalani prosedur tersebut pada Minggu (1/9/2024) kemarin. Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono dan Pramono Anung-Rano Karno menjalani agenda serupa terlebih dahulu. © RED/FATHONIE AG/EDITOR : GOES

Related posts

Diinisiasi Tokoh-tokoh  Muda Jakarta, JARAK Siap Berjuang Demi Kemenangan Paslon RIDO di Pilkada 2024

Ngukur Isi Dompet, KOTA TUA Diserbu Warga Jakarta Saat Liburan Panjang di Momen Maulid Nabi

Selain Gelar Pelatihan, PEMPROV DKI Beri Bantuan Operasional Tempat Ibadah di Jakarta