Di Singapura, PAKAR ANTI AGING DR AYU WIDYANINGRUM Raih 3 Penghargaan IMM Asia Award 2024

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Lagi, dokter kecantikan pakar anti-aging dr Ayu Widyaningrum Master of AAMS Master of IBAMS, meraih tiga penghargaan sekaligus di ajang bergensi IMM Asia Awards di Singapura 2024. Sedangkan ke-3 penghargaan untuk kategori The Winner Beauty Clinic, Best Inspiring  & Creativity Women Award 2024 dan Excellence Clinic Awards Customer Choice 2024 di Singapore Expo Hall 6A Convention Centre.

“Yang pasti, penghargaan ini sangat memberikan apresiasi agar saya selalu mengembangkan dunia kecantikan. Juga bertujua demi kesehatan dan  mengembangkan teknologi menekan komplikasi yang terjadi supaya pasien memiliki wajah proporsional, cantik dan awet muda,” terang dr Ayu kepada  wartawan di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Dikatakan dokter cantik asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) ternyata pernah mendapatkan penghargaan serupa di Singapura di tahun 2023 lalu. “Tentu saya bangga campur bahagia, karena bisa kembali dapat meraih penghargaan dengan 3 kategori di tahun ini,” tuturnya, lagi.

Disebutkan bahwa dengan meraih penghargaan tersebut, dr Ayu mengaku jadi semakin termotivasi untuk  terus belajar menggali ilmu pengetahuan kecantikan di dalam maupun luar negeri, agar bisa bermanfaat untuk orang banyak dan bangsa Indonesia. 

“Bahkan, saya akan terus update ilmu kecantikan, berinovasi teknologi agar bisa bermanfaat buat masyarakat bangsa Indonesia,” imbuh dr Ayu, sang pemilik klinik kecantikan Widya Aesthetic Clinic di Banjarmasin, Kalsel.

Menurutnya untuk merawat tubuh agar tampak lebih muda antara lain melalui pola hidup sehat seperti makan dan tidur yang cukup, rajin olahraga. “Sedangkan untuk treatmen dengan pola terapi teknologi Mesenchymal Stem Cell (MSC) dapat membuat orang tampil lebih muda,” imbuh pakar anti penuaan yang memiliki kulit putih bersih tersebut.

Namun berkat penguasaannya terhadap terapi MSC, justru merupakan salah satu pendorong dr Ayu mendapatkan penghargaan bergengsi di tingkat Asia tersebut. MSC sendiri telah lama dikenal sebagai kandidat terapi berbasis sel yang menjanjikan.

Digambarkan dr Ayu bahwa karakteristik utama dari MSC adalah kemampuannya dalam meregenerasi dirinya sendiri (self-renewal), memperbanyak diri dengan cepat, serta berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel lain, sehingga membuat penampilan tampak lebih muda. MSC terdiri beberapa jaringan dewasa, seperti sumsum tulang, jaringan adiposa, pulpa gigi, tali pusat, darah tali pusat, dan juga darah tepi-tepi.

“Tali pusat merupakan salah satu sumber MSC yang paling banyak digunakan dalam uji klinis. MSC yang diisolasi dari jaringan tali pusat bayi dikenal juga sebagai Umbilical Cord-Mesenchymal Stem Cell (UC-MSC),” urai dr Ayu sambil menambahkan proses pengambilan tali pusat ini relatif mudah tanpa operasi, sehingga tidak menimbulkan efek samping dan rasa sakit bagi ibu maupun bayinya.

Namun beberapa keunggulan yang dimiliki oleh UC-MSC di antaranya adalah kemampuan memperbanyak diri yang paling baik apabila dibandingkan dengan sumber MSC lainnya, mampu mensekresikan faktor-faktor parakrin, serta memiliki tingkat risiko yang rendah terhadap penyebaran infeksi dan reaksi penolakan imun oleh tubuh.

“Untuk UC-MSC juga sudah terbukti dapat menghasilkan berbagai senyawa bioaktif seperti interleukin, interleukin, faktor pertumbuhan endotel vaskular, faktor pertumbuhan hepatosit, dan faktor penghambat leukimia,” tutup dr Ayu seraya menambahkan treatmen awet muda menggunakan MSC telah diterapkan di klinik miliknya. © REL/AGUS SANTOSA

Related posts

Gelar Latihan VIP Protection, POLDA METRO JAYA Siap Sukseskan Pilkada DKI Jakarta 2024

Bergenre Pop, ERLYN SUZAN Rilis Album Gress ‘Kepastian’ yang Berisikan 10 Tembang Ciptaannya Sendiri

Gandeng Happy Hearts Indonesia, SUSHI TEI GROUP Peduli Sosial Berdayakan Generasi Muda Agar Punya Masa Depan Lebih Cerah