Ceramah Maulid di Masjid Fatahillah Pemprov DKI, USTADZ SOLMED Ajak Jamaah Bertransformasi Diri & Ikuti Teladan Nabi

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dalam ceramah agama di Masjid Fatahillah Balaikota Pemprov DKI Jakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1446 H/2024 M pada Rabu (25/9/2024) siang tadi, Ustadz Sholeh Mahmud mengajak para jamaah bertransformasi diri untuk mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW.

“Kenapa kita harus seperti itu? Bertransformasi diri untuk mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW? Karena, kita sudah digambarkan bagaimana kecintaan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya, yakni jaminan bisa masuk surga,” kata penceramah kondang yang akrab dengan nama Ustadz Solmed.

Dihadapan sekitar 200-an ASN/pegawai Pemprov DKI Jakarta, Ustadz Solmed mengatakan bahwa sebelum kita lahir dan ada di dunia ini, Nabi Muhammad SAW sudah meminta permohonan kepada Allah SWT, agar suatu saat kelak di akhir zaman, umatnya bisa dimasukan ke dalam surga.

“Begitulah besarnya cinta Nabi Muhammad SAW kepada kita sebagai umat akhir zaman. Sebaliknya, Allah SWT atas permintaan Nabi Muhammad SAW, menyebutkan bahwa surga itu sangat luas alias tidak sempit. Dan, jaminan itu bisa sebagai tanda bukti sayangnya Allah SWT kepada kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW, ” tuturnya.

Namun begitu, lanjut ceramah Ustadz Solmed, bagaimana kita mendapat kemudahan dan semacam legitimasi bisa masuk surga? Harus beriman Islam, Ikhsan dan bertaqwa untuk melakukan kebaikan guna meraih pahala dari kebaikan yang kita lakukan.

“Dengan diri kita baru niat saja untuk berbuat kebaikan, sudah dicatat sebagai pahala. Satu contoh kita janji kalau gajian nanti mau santunin anak yatim. Karena ada kebutuhan lain, akhirnya tertunda, tapi niat kebaikannya sudah berbuah pahala,” urai Ustadz Solmed, panjang lebar.

Sebaliknya, lanjut ceramahnya yang tergolong singkat, biarpun seseorang punya niat jelek tak jadi dilakukan, justru tidak tercatat. “Niatnya itu sendiri tak berbuah dosa. Namun dengan tak jadinya melakukan niat jelek tersebut, justru menjadi pahala,” ucapnya, lagi.

Lebih jauh dipaparkan Ustadz Solmed, jika harus memakai keadilan Allah SWT, jelas sangat berat bagi kita untuk begitu saja gampangnya masuk surga. “Kalau bukan karena sifat kasihan dari Allah SWT, berat kita ke surga. Jadi, begitulah Rahman dan Rahimnya Allah SWT kepada Hambanya dari umat Nabi Muhammad SAW.

Pada bagian akhir ceramahnya, Ustadz Solmed menekankan pentingnya melakukan perbuatan baik. “Jangan pernah malu berbuat baik. Kalau mau lakukan sebisa atau semampunya. Dan, lakukan nilai kebaikan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW,” tutupnya. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Jadi Titik Nol Jakarta, PASLON INDEPEDEN DHARMA-KUN Pilih Debut Kampanyenya di Lapangan Banteng

Ajak Kemenkes RI, PEMPROV DKI Bakal Luncurkan Program Pelepasan Nyamuk Aedes Aegypti Ber – Wolbachia untuk Kendalikan DBD

Selain Penghargaan TP2DD, PEMPROV DKI JAKARTA Juga Sabet Program Unggulan Terbaik 2024