34 C
Jakarta
18 October 2024 - 13:17
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Auditorium BMKG, PEMPROV DKI Lantik Seribu Prabu Jakarta 2024 Demi Membangun Tramtibum Pelajar

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Lagi, Pemprov cq Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta, mengukuhkan seribu Pelajar Duta Tramtibum (Prabu) Jakarta 2024, bertempat di Auditorium Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta Pusat, 16-17 Oktober kemarin.

Untuk pelajar yang dilantik atau dikukuhkan menjadi Prabu Jakarta 2024 berasal dari 40 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-DKI Jakarta.

Namun pada hari pertama, Rabu (16/10/2024 pengukuhkan terhadap 500 Prabu Jakarta dari 20 SMA/SMK, dilakukan Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko. Sedangkan di Kamis (17/10/2024), giliran Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Joko Agus Setyono yang melantik  500 Prabu Jakarta dari 20 SMA/SMK sisanya.

Menurut Sekda DKI Joko Agus Setyono berapa penting untuk menanamkan etika, tata krama.dan disiplin dalam segala hal sedini mungkin kepada generasi muda. Keberadaan Prabu Jakarta diharapkan dapat mendidik para anggotanya sebagai agen untuk membangun pemahaman ketenteraman, ketertiban umum, serta perlindungan masyarakat.

”Iya, paling tidak untuk dirinya sendiri, mereka (Prabu Jakarta) sudah dididik dan dilatih. Harapannya bisa menularkan itu kepada yang lain. Kemudian para anggota Prabu juga akan turut serta menjaga ketertiban, minimal di sekolahnya dan bisa di lingkungan sekitarnya. Harapan lainnya dapat menjadi pemegang tongkat estafet generasi berikutnya, sehingga harus memiliki kecakapan dan disiplin yang baik, supaya cita-cita bangsa Indonesia tercapai,” papar Joko Agus, Kamis (17/10/2024) kemarin.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin mengungkapka  bahwa di tahun ini merupakan tahun kedua pengukuhan Prabu Jakarta. Edukasi budaya tertib sejak dini melalui Prabu Jakarta di tingkat SMA/SMK merupakan bagian dari inovasi proyek perubahan ‘Transformasi Penyelenggaraan Ketertiban Umum’ menuju Jakarta Kota Global dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergitas.

“Jadi, mereka menjadi bagian agent of chage dan menjadi contoh-contoh baik, juga bagaimana mengajak rekan-rekan sekolah dan rekan – rekan di lingkungan tempat tinggal agar lebih disiplin terhadap aturan hukum di Jakarta,” ucap Arifin, lagi.

Selanjutnya, ditambahkan Arifin, pelajar yang dipilih menjadi Prabu Jakarta harus memiliki karakter dan disiplin yang baik. Diharapkan, anggota Prabu Jakarta dapat menjadi contoh yang baik untuk para pelajar lainnya.

“Dari situ  (Prabu Jakarta) bisa menjadi contoh dalam disiplin di lingkungan sekolah. Selain itu, mereka juga diharapkan mempunyai kemampuan dari sisi komunikasi yang efektif agar bisa mengajak teman-teman berbuat lebih baik,” ujar Arifin, kembali menambahkan.

Terkait pengukuhan Prabu tahun 2024 juga dimeriahkan dengan penyampaian materi motivasi dari Yudi Lesmana, praktisi di bidang daya ingat serta pendiri Indonesia Memory Sports Council, Afra Moedya Abadi yang merupakan peserta pada Clash Of Champion yang dibuat oleh Ruang Guru, Safira Azizah dari Ingatan Gajah, dan Dwi Rini Endra Sari dari BMKG.

Diluar kegiatan tersebut, juga diadakan pula Short Video Competition yang merupakan lomba konten sosialisasi dengan tema ketenteraman dan ketertiban umum di lingkungan sekolah. Di samping itu, Battle of Prabu Jakarta yang merupakan kompetisi cerdas cermat untuk menguji pengetahuan dan kemampuan kognitif para Prabu Jakarta yang mencakup materi tentang ketenteraman dan ketertiban umum, sejarah Jakarta, Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah dan pengetahuan umum lainnya. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Untuk Kategori Nilai Transaksi Terbesar PDN, PEMPROV DKI JAKARTA Menerima Anugerah Pengadaan 2023

Redaksi Posberitakota

Panen Rejeki, PEDAGANG KURMA Pasar Tanah Abang Dapat Berkah Ramadhan

Redaksi Posberitakota

Demi Memaksimalkan Pelayanan bagi Warga Jakarta, PAM JAYA Mulai Membangun Instalasi Pengolahan Air Buaran III

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang