31.8 C
Jakarta
28 September 2024 - 17:19
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Peringkat Pertama, DKI JAKARTA Sabet Trofi Penghargaan Anindita Wistara Data dari BPS Nasional

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sabet trofi penghargaan bergengsi Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional, Kamis (26/9/2024) kemarin.

Penghargaan tersebut bisa jadi bukti pengakua  kinerja yang luar biasa dari pemerintah provinsi dalam menghasilkan data statistik berkualitas tinggi atau Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Disebutkan pula bahwa anugerah Anindhita Wistara Data adalah penghargaan yang diberikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional kepada instansi atau pihak yang dianggap berkontribusi dalam peningkatan kualitas statistik di Indonesia dan diadakan setiap tahun dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional (HSN).

HSN 2024 mengambil tema ‘Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas’. Dan, tema tersebut bermakna statistik berkualitas memiliki peran kunci dan peran penting dalam mencapai tujuan besar Indonesia Emas 2045.

Namun visi dan misi dari penghargaan ini digelar untuk mendorong transparansi, akurasi, dan aksesibilitas data statistik serta menghargai upaya pengembangan sistem statistik yang baik. Pemprov DKI Jakarta meraih peringkat pertama, diikuti Pemprov Bali dan Pemprov Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta di posisi kedua dan ketiga.

Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko yang hadir untuk menerima penghargaan tersebut menyatakan, penghargaan tersebut merupakan bukti keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam mengelola data statistik berkualitas.

”Hal ini adalah hasil dari kerja keras semua pihak atas bimbingan dan arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Kami berharap, prestasi ini bukan akhir, melainkan langkah awal dan pemacu semangat untuk memajukan negeri melalui pengelolaan data yang berkualitas,” baber Sigit di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (26/9/2024) kemarin.

Untuk kegiatan statistik sektoral Pemprov DKI Jakarta yang dinilai yaitu Pendataan Keluarga Satu Pintu oleh Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta dan Survei Penggunaan Jakwifi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi DKI Jakarta.

Tentunya selain Pemerintah Provinsi, BPS juga menganugerahkan penghargaan bergengsi tersebut kepada Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), perusahaan, individu.dan juga mitra-mitra BPS lainnya, termasuk universitas.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian yang merupakan pembicara utama pada acara penganugerahan ini, menyoroti urgensi data dalam mengatasi tantangan kompleks seperti inflasi dan pandemi COVID-19. “Setiap pembuatan kebijakan harus berlandaskan teori, dalam hal ini statistik, sebagai pembuat kebijakan harus berlandaskan data,” ucap Tito.

Amir Uskara, Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), menyatakan bahwa data adalah landasan pembangunan Indonesia. “Dalam menyusun APBN setiap tahun, apabila data tidak valid, maka data yang dituangkan ke dalam APBN bisa bias,” tambah dia.

Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti menuturkan, penghargaan yang diberikan kepada mitra-mitra BPS ini merupakan bentuk apresiasi terhadap berbagai pihak yang telah berkolaborasi bersama dalam penyelenggaraan dan pemanfaatan statistik. “Statistik yang andal dan akurat akan menjadi pondasi dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan Indonesia di masa mendatang,” katanya.

Selanjutnya melalui sambutannya, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Erwan Agus Purwanto menjelaskan peran penting data yang akurat dan tepat waktu dalam memantau dan mengevaluasi kebijakan publik.

“Apabila kita lihat negara maju, mereka memanfaatkan statistik untuk mendorong pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Erwan. Ia juga berharap kegiatan ini sebagai pemicu untuk pemerintah melakukan perubahan konkret dalam hal reformasi birokrasi. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Rencananya 9 Maret Mendatang, PENGURUS DAERAH IWO KOTA BEKASI Siap Gelar Mubesda ke-1

Redaksi Posberitakota

Ajak Peran Serta Yayasan Buddha Tzu Chi, PEMPROV DKI Melakukan Penataan Permukiman Warga Tanah Tinggi Jakpus

Redaksi Posberitakota

Di Ajang DKTJ Awards 2024, JAKLINGKO INDONESIA Diganjar Penghargaan Aplikasi Pembayaran Tiket Transpotasi Umum Terfavorit

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang