34 C
Jakarta
18 October 2024 - 15:45
PosBeritaKota.com
Megapolitan

Support ICAD 2024, DISPAREKRAF DKI Bertekad Promosikan Seni Sebagai Identitas Kota Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta kembali memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) ke-14.

Untuk penyelenggaraan tahun ini, ICAD menghadirkan karya-karya bertema ‘UNEXPECTED‘ yang menginisiasi kolaborasi antara industri desain, seni, teknologi, hiburan dan perhotelan. Pameran ICAD 2024 digelar mulai 10 Oktober10 Nopember 2024 di Grand Kemang Hotel, Jakarta Selatan.

Menurut Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, terkait dukungannya terhadap pengembangan ekonomi kreatif serta mempromosikan seni dan desain sebagai bagian dari identitas kota. Hal itu juga merupakan salah satu upaya untuk mendorong transformasi Jakarta menuju Kota Global.

Pemprov DKI Jakarta mendukung kegiatan ICAD sebagai langkah konkret dalam memperkuat Jakarta menuju Kota Global. Melalui kegiatan ini, kami menunjukkan komitmen dalam mengembangkan ekosistem seni dan desain yang berdaya saing internasional. ICAD tidak hanya memperkenalkan karya-karya kreatif, tetapi juga menjadikan Jakarta sebagai pusat kolaborasi global yang menghubungkan seniman lokal dengan dunia,” kata Andhika di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Sedangkan UNEXPECTED merupakan wadah bagi para seniman dan desainer untuk menyoroti realitas yang tak terduga dalam masyarakat, baik pada masa lalu, masa kini, maupun masa depan. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka, para pengunjung diajak mengeksplorasi sudut pandang alternatif dan yang terlupakan, yang sering kali terpinggirkan oleh narasi dominan dalam konteks sosial-politik, lingkungan dan budaya.

Keseluruhannya terdapat 74 pelaku seni dan ekonomi kreatif yang ikut serta dalam kegiatan ini dengan menampilkan karya melalui berbagai program, seperti In Focus, Featured, Collaboration dan Open Call. Selain itu, ICAD 2024 memperkenalkan program baru yang menarik, seperti Special Appearance Tribute, Special Appearance Region dan Special Zone yang menampilkan tokoh terkenal seperti AD Pirous dari Bandung.

Melalui acara ini juga membangun kolaborasi lintas negara, yakni dengan menghadirkan pelaku-pelaku seni dari Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja, Jepang, Australia, Jerman, Belanda dan Amerika Serikat. Berbagai program yang diselenggarakan tersebut, diharapkan dapat memperkaya spektrum seni yang dipamerkan dan sekaligus memberikan pandangan mendalam tentang seni kontemporer di kawasan Asia Tenggara dan Internasional.

Dalam pameran ini tidak hanya menyuguhkan karya-karya visual, tetapi juga berbagai program aktivasi harian. Berbagai seniman dan narasumber terkenal turut terlibat dalam Performance Art, Interactive Activity, Workshop, Public Lecture dan Talks.

Adapun nama-nama besar seperti Anang Saptoto, Citra Sasmita, dan Nindityo Adipurnomo dari Yogyakarta serta Khozy Rizal turut memberikan kontribusi besar dalam acara ini. Program aktivasi bertujuan untuk mendorong interaksi langsung antara pengunjung dan seniman serta memberikan wawasan mendalam tentang proses kreatif di balik karya-karya yang dipamerkan.

Pada acara itu sendiri menampilkan karya-karya inovatif yang mencerminkan keragaman budaya dan perspektif unik dari para partisipan. Namun diharapkan melalui pameran ini menjadi jembatan antara seniman, desainer, dan masyarakat serta meningkatkan kesadaran terhadap seni dan desain dalam kehidupan sehari-hari. Melalui program interaktif, pengunjung diajak tidak hanya menikmati karya seni, tetapi juga terlibat langsung dalam proses kreatifnya. ® RED/AGUS SANTOSA

Related posts

Peduli Lingkungan Hidup, AKTIVIS POROS JAKARTA Gelar Diskusi Publik Soal Ancaman Jakarta Tenggelam

Redaksi Posberitakota

Petugas Pamdal Larang Wartawan Masuk, KPK Sambangi & Geladah Gedung DPRD DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Harus Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Dinas, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN Ngaku Positif COVID-19

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang