Jembatan Cisomang Segera Diresmikan Kementerian RUPR

BEKASI [POSberitaKOTA] □ Assistant Vice President Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) akan membuka Jembatan Cisomang KM. 100+700, Sabtu (1/4) pukul 00.00 WIB. Agar memperlancar ruas jalan tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi.

“Pembukaan ruas jalan ini dapat digunakan semua golongan kendaraan dengan batas maksimum 10 ton,” kata Dwimawan Heru Santoso di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/3).

Jembatan ini dengan beban kendaraan maksimum 45 ton untuk lima gandar (Golongan V). Ini dikarenakan sudah ada rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) tentang pembukaan lalu lintas pada Jembatan Cisomang.

Dwimawan mengatakan penutupan jembatan itu terjadi dari 23 Desember 2016 dan sudah melakukan pembatasan lalulintas. Dengan hanya membolehkan kendaraan Golongan I (kecil non bus) yang dapat melewati Jembatan Cisomang selama masa perbaikan 3 bulan. 

Baca Juga:  Puasa dan Jelang Lebaran, Jalan Raya Kebalen-Babelan Bekasi Rusak Parah

Difokuskan pada dua hal, yaitu menghentikan pergerakan pada pilar-pilar dan mengembalikan kekuatan struktur jembatan. Jembatan Cisomang secara berkelanjutan terhadap pergerakan dan struktur, semua pilar jembatan telah berada dalam stabilitas yang baik. 

Sedangkan struktur jembatan dianggap telah memiliki kekuatan untuk beban standar sesuai desain serta telah memenuhi tingkat keselamatan. Secara pelaksanaan memang belum sepenuhnya menunjukkan tingkat keamanan dan harus tetap perlu pengawasan berkala. 

Ini dikarenakan pilar penyangga jembatan tidak dapat menampung beban berat. Dan, harus melakukan antisipasi bila terjadi kemacetan panjang.

“Penanganan Jembatan Cisomang dilakukan dengan penuh kehati-hatian yang melibatkan tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu,” katanya mengakhiri.■ Red/Ays

Beri Tanggapan