Massa Aksi 313 Dilokalisir di Patung Kuda, Tak Bisa Tembus ke Istana Negara

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Tak seperti yang diperkirakan banyak pihak, massa Aksi 313 yang awalnya melaksakan sholat Jumat (31/3) di Mesjid Istiqlal, bakal tumpah ruah dan jauh lebih besar dari aksi 212 beberapa waktu lalu yang diperkirakan mencapai jutaan orang dari berbagai ormas Islam maupun pendatang berbagai daerah, ternyata berkumpul sekitar puluhan ribu massa.

Namun dari sekitar puluhan ribu yang hadir memadati Mesjid Istiqlal dan usai sholat Jumat, mulai beranjak ke Patung Kuda untuk kemudian berencana melanjutkan ke Istana Negara demi menyampaikan aspirasi mereka seputar permintaan agar petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok segera ditahan.

“Kami akan tetap melakukan longmarch dengan tertib ke Patung Kuda, kemudian ke Istana Negara, guna menyampaikan aspirasi. Bahkan kami sudah koordinasi dengan pihak aparat keamanan,” tegas pria yg mengaku sebagai koordinator lapangan untuk Aksi 313 tersebut dari Forum Umat Islam (FUI).

Sepanjang pemantauan POSBERITAKOTA.COM sejak pagi hari hingga pelaksanaan sholat Jumat usai, nampak suasana massa aksi 313 agak tenang. Apalagi cuaca mendung dilangit, ikut menentramkan suasana hati puluhan ribu orang.

Sementara pihak keamanan menutup seluruh akses jalan menuju Istana Merdeka. Akibatnya, massa pun berkumpul di sekitar Jalan Merdeka Barat atau Patung Kuda.

Sebanyak 20 ribu personil kepolisian yang dibackup oleh TNI, diturunkan untuk menjaga sekaligus mengamankan jalannya Aksi 313 dari Forum Umat Islam dan beberapa ormas Islam lainnya. ■ Red/Goes

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here