32.3 C
Jakarta
29 March 2024 - 14:40
PosBeritaKota.com
Nasional

Dekat Pulau Komodo, Pemerintah akan Bangun Kampus Pariwisata

KUPANG (POSBERITAKOTA.COM) ■  Pemerintah berencana membangun perguruan tinggi berbasis keilmuan pariwisata di kawasan tujuan wisata dunia Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang juga berdekatan dengan Pulau Komodo. Demikian Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir.

“Jangan sampai masyarakat Manggarai Barat jadi penonton saja saat kawasan Pulau Komodo menjadi tujuan wisata dunia. Di sini harus ada pendidikan pariwisata yang baik. Untuk menopang kawasan wisata Pulau Komodo,” kata Nasir dalam kunjungannya desa Macan Tanggar, Manggarai Barat, Jumat (7/4) kemarin.

Nasir berharap lewat perguruan tinggi pariwisata itu dapat meningkatkan kapasitas masyarakat setempat. Hingga kualitas pariwisata kawasan Pulau Komodo dapat meningkat menuju destinasi favorit turis mancanegara.

Menurutnya, secara langsung atau tidak masyarakat setempat dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Pemerintah pusat dengan pemerintah daerah saat ini sedang menjalin kemitraan untuk membangun perguruan tinggi pariwisata tersebut. 

Salah satunya ada upaya pemerintah daerah untuk menyiapkan lahan untuk pendidikan, sementara pemerintah pusat menyiapkan tenaga pendidik pariwisata. Para dosen akan diminta dari Kementerian Pariwisata.

Nasir mengatakan pemerintah dengan sinergi lintas sektor juga berupaya meningkatkan keterjangkauan dan kemudahan akses menuju kawasan wisata Pulau Komodo. Beberapa di antaranya adalah pembangunan infrastruktur kawasan wisata. Juga, akan digencarkan promosi wisata daerah itu ke berbagai sasaran strategis. ■ Red/Ays

 

Related posts

Sempat Ditahan Myanmar, 14 NELAYAN Berhasil Dipulangkan Dinsos Aceh

Redaksi Posberitakota

Disambut Salawatan, Mesut Ozil Ngaku Senang Bisa Sholat Jum’at di Masjid Istiqlal

Redaksi Posberitakota

Kirim Delegasi ke Mesir, INDONESIA Perkenalkan ‘Humane Enterpreneurship’ di ICBS World Congcress 2019

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang