Bakal Asyik, Lomba Marathon di Kompleks Candi Prambanan

YOGYAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sekali mendayung mendapatkan dua pulau – bahkan lebih – itulah lomba lari maraton bertaraf internasional di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (23/4) mendatang. 
Kita bukan sekadar bisa berolahraga lari, juga dimanjakan dengan aura pariwisata kompleks area Candi Prambanan sebagai venue start dan finis. 

Sebanyak 6.210 pelari akan ambil bagian dan tersebar pada empat kategori lomba. Yakni full marathon yang menempuh jarak 42,2 kilometer, half marathon dengan jarak tempuh 21,1 km, serta dua kategori dengan jarak 10 km dan 5 km. 

Aris Riyanta, Kepala Dinas Pariwisata DIY, mengatakan khusus full marathon pelari melintasi 13 desa di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Mereka melintasi tiga daerah tujuan wisata, yakni Candi Prambanan, Candi Plaosan (Prambanan, Klaten), dan Monumen Taruna.

“Ini baru pertama digelar dan akan masuk kalender tahunan ajang maraton internasional karena peserta tak hanya pelari dan atlet nasional, juga dari luar negeri,” kata Aris Riyanta, dalam keterangan pers, Rabu (12/4).

Bakal meramaikan event ini para pelari dari negara-negara Afrika seperti Kenya dan Nigeria. Selain itu, ada juga beberapa pelari dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Amerika. Begitu juga dengan atlet lari nasional seperti Agus Prayogo. 

Lomba lari ini diklaim mampu meningkatkan kunjungan wisata di Yogyakarta. Menurut Aris, pihaknya sangat mendukung event sport dan tourism di kawasan heritage itu. Event ini jelas bisa mendongkrak kunjungan wisata.

Menurut Aris, rute tak hanya di sekitar area candi, juga keluar area candi dengan beragam jalan yang menyusuri pedesaan. Ia berharap agar pelari yang mengikuti event ini bisa merasakan kesejukan jalan yang dilaluinya. 

Total hadiah yang diberikan senilai Rp.783 juta dan mendapat hadiah dari sponsor. Untuk full marathon akan mendapat hadiah masing-masing uang Rp.50 juta untuk pelari laki-laki dan perempuan untuk juara pertama. Juara kedua masing-masing mendapat Rp.25 juta dan juara ketiga memperoleh Rp.15 juta. 

Sementara juara pertama untuk kategori 21,1 km memperoleh Rp 25 juta. Kemudian, juara kedua masing-masing Rp.15 juta dan juara tiga sebesar Rp.10 juta. ■ Red/Ays

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here