29.2 C
Jakarta
23 April 2024 - 22:14
PosBeritaKota.com
Sport

Lifter Nurul Akmal Bikin Kejutan Kantongi Perak di ISG IV/2017

BAKU (POSBERITAKOTA) □ Lifter putri Indonesia, Nurul Akmal, bikim kejutan di Islamic Solidarity Games (ISG) IV/2017. Meski tampil pertama kali, namun wanita kelahiran Banda Aceh, 12 Februari 1993 ini,  berhasil mengantongi medali perak kelas+99kg dengan total angkatan 230kg (Snatch 99kg, Clean and Jerk 131kg) di Azal Arena Weightlifting Academy Baku, Azerbaijan, Rabu (17/5/2017).

Sedangkan untuk medali emas kelas ini direbut peringkat 4 Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Shaimaa Haridy (Mesir) dengan total angkatan 275kg (Snatch 120kg, Clean and Jerk 155kg). Dan, medali perunggu jatuh ke tangan Marwa (Tunisia) dengan total angkatan 221kg (Snatch 95kg, Clean and Jerk 126kg).

“Saya senang dan terharu bisa meraih perak apalagi saya tampil tanpa target di ISG,” kata Nurul usai berlaga. 

Sementara itu, pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja mengatakan, perjuangan Nurul cukup berat untuk mendapatkan perak. Pasalnya, juara PON Jabar 2016 harus bersaing dengan Marwa yang sudah memiliki segudang pengalaman. 

Pada angkatan pertama Snatch, Nurul sukses melakukan angkatan barbel seberat 99kg dan mengalahkan Marwa yang memulai start dengan angkatan 95kg.

Pada angkatan kedua dan ketiga Snatch, Nurul dan Marwa bersaing dengan angkatan barbel seberat 102kg. Namun, mereka gagal. 

Pada angkatan pertama Clean and Jerk, kata Dirdja, Nurul memulai dengan angkatan 123kg dan mulus. 

Melihat Nurul sukses pada angkatan pertama Clean and Jerk, kata Dirdja, Marwa menaikkan barbel menjadi 126kg tetapi dia gagal. 

Pada angkatan kedua Clean and Jerk, Nurul menaikkan barbel menjadi 127kg untuk mengunci Marwa. Angkatan kedua tersebut kembali sukses. 
Ternyata strategi ini berhasil karena Marwa yang istirahat 2 menit krmbali gagal melakukan angkatan kedua seberat 126kg. Dan, dia baru berhasil mengangkat barbel 126kg pada angkatan ketiga.

Pada angkatan ketiga, Nurul kembali menambah barbel menjadi 131kg dan sukses. 

“Sukses ini bukan hanya memastikan Nurul meraih perak ISG, tetapi dia telah berhasil mengulang angkatan terbaiknya pada saat latihan,” kata Dirdja

Melihat kemampuan Nurul Akmal menunjukkan prestasi mengejutkan pada penampilan perdana pada ajang event internasional, Dirdja berjanji akan koordinasi dengam PB PABBSI untuk mengusulkan nama Nurul kepada Satlak Prima agar dimasukkan dalam skuad Tim Angkat Besi Indonesia yang akan dipersiapkan ke Asian Games Jakarta-Palembang 2018.

“Nurul punya potensi dan pantas untuk berada dalam barisan lifter yang dipersiapkan menuju Asian Games 2018,” katanya. 

“Potensi meraih medali bukan hanya pada lifter kelas bawah tetapi di kelas atas juga. Dan, Nurul sudah membuktikannya dengan meraih perak ISG IV/2017. Jadi, Nurul memang pantas diusulkan masuk skuad Tim Angkat Besi Indonesia ke Asian Games 2018,” timpal Direktur Program Kepelatihan Performa Tinggi Lomba-1 Satlak Prima, Hadi Wihardja. ■ Red/Goes

Related posts

Bakal Segera Lengser dari Juve, ALLEGRI Putuskan Kepengen Istirahat Setahun

Redaksi Posberitakota

Mampu Membalikan Prediksi, MOURINHO Ngarep Ajax atau Spurs Jadi Juara Liga Champions

Redaksi Posberitakota

Adiknya Diminta Gabung Ducati, MARC MARQUEZ Ingatkan Tolong Pikir-pikir Lagi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang