PosBeritaKota.com
Sport

Medina Raih Gelar IM Putra di JAPFA Chess Festival 2017

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Medina Warda Aulia, pecatur putri Indonesia, meraih gelar Internasional Master (IM) putra. Medina bermain remis pada pertandingan babak terakhir 11 di JAPFA Chess Festival 2017 di Jakarta, Jumat (19/5) malam kemarin.

“Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan IM putra di sini. Banyak pengalaman berharga saya peroleh,” kata Medina menjelang acara penutupan turnamen tahunan catur tersebut.

“Saya sebetulnya hanya butuh remis pada babak 9 untuk bisa meraih gelar IM putra itu, tapi saya kalah, dan baru babak 11 ini saya remis,” tambahnya.

Medina mengaku turnamen yang melibatkan beberapa pecatur papan atas dari beberapa negara di antaranya dari Filipina dan Vietnam ini sangat bermanfaat. Selain meraih gelar IM putra, ratingnya lebih 2400 dan rating naik 16 atau 18.

Soal target ke depan setelah meraih IM putra, Medina mengatakan berikutnya adalah Grand Master (GM).

“Berikutnya saya akan berusaha mendapatkan norma pertama GM, tapi ini akan sangat sulit dan itu masih lama” jelasnya.

Gelar IM putra Medina dipastikan setelah pada akhir turnamen mengumpulkan poin 7 dari hasil lima kali menang dan dua kali remis.

Syarat untuk meraih Internasional Master adalah pecatur harus meraih tiga kali norma IM yang diakui FIDE (Federasi Catur Internasional). Kemudian, harus memperoleh minimal 2400 elo rating. 

Sementara itu Dewan Pembina PB Percasi, Eka Putra Wirya, mengatakan puas atas prestasi yang diraih pecatur-pecatur binaannya.

“Saya bangga melihat prestasi yang dibuat para pecatur binaan saya, dan saya optimistis terhadap masa depan pecatur Indonesia,” kata Eka Putra Wirya.

JAPFA Chess Festival berlangsung dari 13 hingga 19 Mei. Turnamen ke-10 JAPFA ini bekerjasama dengan PB Percasi. ■ Red/Goes

Related posts

Pioli Siap Dipecat Usai Inter Kalah dari Sampdoria

Redaksi Posberitakota

Demi Tiket Perempat Final, INGGRIS Bersama Pemain Muda Yakin Bisa Depak ‘Tim Panzer’ Jerman

Redaksi Posberitakota

Bungkam Chelsea di final, GUARDIOLA Ngaku Bahagia City Juara Piala Liga Inggris 2018/2019

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang