Agustus, Batas Akhir Kepastian Cabor Asian Games 2018

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pada Agustus ini diharapkan sudah ada kepastian jumlah nomor pertandingan dalam 39 cabang olahraga Asian Games 2018 yang akan disetujui Dewan Olimpiade Asia (OCA). Demikian panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).


Ketua Pelaksana INASGOC,
Erick Thohir, di Jakarta, Selasa (23/5) kemarin, mengatakan pihaknya dapat mendorong kesepakatan dengan OCA menyusul perubahan organisasi internalnya lewat Keppres Nomor 15/2017. Ia optimistis keputusan jumlah nomor pertandingan selesai pada Agustus.

Erick mengaku belum ada kesepakatan antara INASGOC sebagai panitia pelaksana dengan OCA tentang jumlah nomor pertandingan. Jumlah nomor pertandingan yang diharapkan berbeda dengan apa yang dipahami OCA, sekitar tujuh sampai 10 nomor pertandingan.

“INASGOC akan tetap mempertahankan jumlah nomor pertandingan pada cabang-cabang olahraga unggulan Indonesia. Kami tidak ingin memutuskan jumlah nomor pertandingan itu dengan tergesa-gesa karena Indonesia juga harus berjuang meraih prestasi pada nomor-nomor pertandingan andalan,” katanya. 

Baca Juga:  Jembatan Cisomang Segera Diresmikan Kementerian RUPR

INASGOC akan meminta kepastian jadwal rapat koordinasi dengan OCA pada Agustus. Sebelumnya, pihaknya sudah meminta rapat bersama OCA pada Mei. Namun, OCA meminta mundur karena penyelenggaraan Islamic Solidarity Games. Sedangkan negara-negara di Timur Tengah meminta pertemuan tidak pada Ramadhan.

OCA, pada April, telah menyepakati 39 cabang olahraga, 53 disiplin, dan 426 nomor pertandingan yang telah diajukan INASGOC. Cabang-cabang olahraga yang telah disepakati OCA dalam Asian Games 2018 adalah akuatik, angkat beban, anggar, atletik, balap sepeda, basebol/sofbol, bola basket, bola boling, bola tangan, bola voli, bridge, bulu tangkis, dayung, equestrian, dan golf.

Kemudian, gulat, hoki, jetski, judo, kabaddi, kano/kayak, karate, menembak, paragliding, panjat dinding, pentathlon modern, rugby, panahan, perahu layar, senam, seni bela diri, sepak bola, sepak takraw, squash, taekwondo, tinju, tenis meja, tenis, dan triathlon. โ–ก Red/Ays

Beri Tanggapan