Barca Pilih Valverde sebagai Pelatih

BARCELONA (POSBERITAKOTA) – Klub Barcelona menunjuk mantan pelatih Athletic Bilbao, Ernesto Valverde sebagai pengganti Luis Enrique. Barca mengontrak Valverde selama dua tahun ke depan. 

Barca secara resmi akan memperkenalkan Valverde, Kamis (1/6) lusa. Valverde bermain untuk Barca sebagai penyerang antara 1988 dan 1990 di bawah pelatih Johan Cruyff. Ia salah satu dari sekian banyak anak asuh lelaki Belanda itu yang memasuki dunia kepelatihan setelah pensiun sebagai pesepakbola.

“Ia amat sangat gembira. Ia memiliki kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan untuk tugas ini,” kata Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu, dalam konferensi pers.

“Ia menyukai sepakbola usia muda dan ia memiliki gaya yang tepat untuk melatih klub ini dan tahu bagaimana cara kerja klub. Ia memiliki peringkat kerja yang tinggi, ia bergairah terhadap sepakbola dan tertarik bekerja dengan teknologi terkini,” tambahnya.

Lelaki berusia 53 tahun ini memulai karir kepelatihannya dengan tim junior Athletic Bilbao. Ia pelatih dengan masa kerja terpanjang untuk klub asal Basque itu dengan 308 pertandingan selama enam tahun dalam dua masa kerja berbeda.

Ia membawa Athletic lolos ke kompetisi Eropa pada lima dari enam tahunnya bersama klub, yang hanya mengandalkan pemain-pemain asal Basque. Ia mengakhiri penantian klub selama 31 tahun untuk meraih gelar dengan membawa mereka menjuarai Piala Super Spanyol 2015 setelah menang agregat 5-1 atas Barca.

Baca Juga:  Wow! Neymar jadi Manusia Termahal Sejagad karena Sepakbola


Valverde
juga sempat melatih dan bermain untuk rival sekota Barca, Espanyol, dengan mencapai final Piala UEFA 2007 saat masih menangani klub itu meski kalah adu penalti dari Sevilla. Ia memenangi tiga gelar Liga Yunani dan dua piala domestik bersama Olympiakos Piraeus.

Ia membawa dua anggota staf kepelatihannya di Athletic ke Barca, asistennya selama 15 tahun Jon Aspiazu dan pelatih kebugaran Jose Antonio Pozanco.

Luis Enrique mengakhiri masa kerja tiga tahunnya di Barca, Sabtu (27/5) pekan lalu, setelah mengalahkan Alaves 3-1 untuk memenangi Piala Raja untuk tahun ketiga secara beruntun. Itu trofi kesembilan yang dipersembahkannya kepada klub sebagai pelatih.


Valverde
harus mengawali tugasnya di Barca  dengan perjuangan berat ketika Barca menghadapi seteru abadi sekaligus juara La Liga Spanyol, Real Madrid. Pada leg pertama Piala Super Spanyol di Nou Camp, Agustus tahun ini.

Barca juga akan menjalani tur pramusim ke Amerika Serikat. Untuk memainkan pertandingan persahabatan melawan Madrid, Manchester United dan Juventus. ■ Red/Ays

Beri Tanggapan