Muantab! Film ‘Turah’ Ikut Seleksi Piala Oscar 2018

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Film Indonesia yang menggunakan dialog bahasa Jawa Tegal, ‘Turah’ terpilih untuk ikut seleksi di ajang Academy Awards atau Piala Oscar 2018, Film Berbahasa Asing Terbaik.

Film ‘Turah’ terplih oleh tim seleksi dengan menyisihkan puluhan judul film lainnya. Karenanya, film yang baru tayang di bioskop Indonesia itu, akan berlaga di Academy Awards ke-90 yang dilaksanakan di Dolby Theatre Hollywood, 4 Maret 2018 mendatang.

Sedangkan ‘Turah’ termasuk satu dari 130 lebih film yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia pimpinan Firman Bintang.

Christine Hakim yang menjadi salah satu anggota tim seleksi, menuturkan, ‘Turah’ dipilih karena karakter film tersebut yang sangat kuat. “Kekuatannya, pada kejujuran dan kesederhanaan serta segi tematik maupun penggarapannya. Pesannya kuat, di antara kemunafikan kehidupan. Gantung diri sebagai kekalahan, menjadi cermin untuk kita semua,” ujar Christine.

Film ‘Turah’ bercerita tentang kekalahan yang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga kampung Tirang. Mereka tidak pernah tahu arti mimpi. Yang mereka tahu, mereka bisa hidup sehari-hari akibat welas asih seorang Darso dan Pakel, juragan nan kaya raya.

Hidup mereka seakan didikte, tanpa pernah tahu bagaimana harus memberontak. Apalagi merasakan kemenangan. Tapi Turah dan Jadag tidak tinggal diam melihat itu. Mereka seperti dilahirkan untuk membawa perubahan.

Di tengah ketakutan untuk memberontak, Turah dan Jadag mendorong warga Tirang untuk berani memperjuangkan kemenangan bersama, tentu saja yang sesuai keinginan mereka dan harus dicapai. ■ Red/Ang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here