26.9 C
Jakarta
19 April 2024 - 03:30
PosBeritaKota.com
Nasional

Gunung Agung, BNPB : Status Tanggap Darurat Diperpanjang Dua Pekan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Status tanggap darurat diperpanjang selama dua pekan ke depan, terkait kondisi Gunung Agung. Status tetap awas masih diberlakukan, meski Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sudah menetapkan sejak 23 hari lalu.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melansir data hingga kemarin jumlah gempa vulkanik tercatat mencapai 360 kali. Kendati hampir keseluruhan magnitudonya, dibawah 2 Skala Richter (SR). Termasuk lokasi gempa, dangkal dan sangat dekat dengan kawah.

“Jadi, lokasi yang dikosongkan, berjarak 9 kilometer dari puncak kawah. Juga sekitar 12 kilometer di sektor utara-timur laut dan tenggara-selatan-barat daya, harus tetap kosong. Potensi untuk meletus tetap tinggi, meski tak bisa dipastikan, kapan terjadinya,” jelas Sutopo.

Karena itu waktu tanggap darurat untuk bencana gunung berapi, belum bisa ditentukan secara pasti. Begitu pula untuk waktu lamanya. “Pengungsi Gunung Sinabung saja, bisa dua tahun lamanya,” kata Sutopo lagi memberikan contoh.

Sementara itu Presiden Jokowi telah memberikan perhatian, baik pada pengungsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara maupun Gunung Agung di Bali. Pada akhir 2017, Pemerintah melalui Kementerian PUPR menargetkan membangun rumah untuk 1.863 KK yang terkena relokasi. ■ Red/Tim PBK/Ays/Goes

Related posts

Obat-obatan Senilai Rp 150 Juta, KIMIA FARMA Beri Bantuan ke Sulteng Lewat BAZNAS

Redaksi Posberitakota

PROF DAILAMI FIRDAUS Prihatin Penyerangan Terhadap Pemuka Agama

Redaksi Posberitakota

Di Usia ke-491 Tahun, KABUPATEN SERANG Masih Banyak Dirundung Masalah

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang