27.9 C
Jakarta
26 April 2024 - 11:46
PosBeritaKota.com
Nasional

Hadiri ‘KENDURI AGUNG’, Wujud Syukur Pasca Pelantikan Gubernur-Wagub DIY

YOGYAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebagai wujud rasa syukur telah dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Seribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya menghadiri ‘Kenduri Agung’, bertempat di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (20/10).

Mereka yang datang mendapatkan kesempatan bersalaman langsung. Dengan Gubernur DIY Sultan HB X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam X didampingi istrinya, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam.

Acara ini dimulai pukul 09.00 WIB. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin Mas Riyo Haji Ngabdul Juwari dari Kraton Yogyakarta. Kemudian, dilakukan pemotongan tumpeng “Sangga Buwana” oleh Sultan HB X.

Gelaran ‘Kenduri Ageng’ ini disimbolkan melalui 10 tumpeng yang terdiri dari lima macam tumpeng. Yaitu Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar, dan Tumpeng Punar yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

“Masyarakat ingin mengucapkan selamat kepada bapak gubernur dan wakil gubernur. Mereka berharap (Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ) bisa memberikan kesejahteraan,” kata GKR Hemas di sela acara itu.

Setelah pemotongan tumpeng satu per satu warga yang datang antre bersalaman secara tertib dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Usai bersalaman, mereka yang datang kemudian dipersilakan menikmati hidangan yang telah disediakan, di antaranya empal gentong, bakso sapi, nasi merah, es dawet, serta menu lainnya. ■ Red/Ays

Related posts

Ini di Temanggung, Semua Korban Helikopter Basarnas Berhasil Dievakuasi

Redaksi Posberitakota

Dari Akademi Tunas Bangsa, FAHD EL FOUZ A RAFIQ Dianugerahi Tokoh Inspiratif Nasional Tahun 2022

Redaksi Posberitakota

Menyasar Petugas Pelayan Publik, KETUA OMBUDSMAN RI : Vaksinasi COVID-19 Bersikap Sukarela & Tak Boleh Dipaksa

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang