PosBeritaKota.com
Politik

Pendudukan Ilegal Israel, PROF DR DAILAMI FIRDAUS : Sesalkan Pernyataan Presiden Trump

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Anggota Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Prof Dr Dailami Firdaus menyayangkan sikap Presiden Amerika Serikat, Donald J Trump, yang mengakui Jerusalem sebagai ibukota Israel dan memerintahkan pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke kota itu, melalui sebuah pidato resmi di Gedung Putih Washington pada hari Rabu waktu Amerika Serikat Kamis (7/12).

“Saya sangat menyayangkan sekaligus menyesalkan terkait pernyataan Trump yang telah memperkuat pengakuan atas pendudukan dan pemukiman illegal Israel di Jerusalem,” ucap Prof Dailami Firdaus, Senator DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta.

Lebih jauh Prof Dailami mengingatkan bahwa 70 tahun lalu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyatakan Jerusalem sebagai wilayah dalam pengawasan dunia internasional. Kemudian setelah Perang tahun 1948, Jerusalem dibagi menjadi wilayah Barat yang dikuasai Israel dan wilayah Timur dibawah kendali Yordania. Kemudian pada Perang tahun 1967, walaupun Israel menguasai wilayah Timur, namun tindakan itu tidak pernah diakui oleh dunia internasional.

“Dalam Resolusi 2334 (2016) Dewan Keamanan PBB tanggal 23 Desember 2016 menyatakan pembangunan pemukiman di wilayah Palestina yang diduduki semenjak tahun 1967, termasuk Jerusalem Timur, tidak memiliki kekuatan hukum dan melanggar hukum internasional,” paparnya.

Menurut Senator yang akrab dengan kalangan media tersebut, sangat tidak mengerti dengan kebijakan issue Palestina Presiden Trump ini dan menyerukan berbagai pihak untuk terus memberikan masukan dan desakan kepada komunitas politik dan pemerintahan Amerika Serikat, agar rencana pengakuan tersebut ditarik kembali dan dibatalkan.

“Sebab, pernyataan pengakuan Presiden Trump akan memberikan persepsi negatif bahwa perjanjian damai Israel-Palestina selama ini, memang bersifat semu dan hanya menguntungkan Israel,” tegas Prof Dailami lagi.

Oleh karenanya, ia berharap dapat menyatukan pandangannya itu dengan sesama anggota parlemen dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Prof Dailami juga meminta agar para pemimpin pemerintahan yang peduli dengan issue Palestina ini dapat mengadakan pertemuan secepatnya guna merespon perkembangan yang terjadi sebagai dampak pernyatan Presiden Trump.

“Saat ini baik Presiden Joko Widodo, Recep Tayyip Erdogan (Turki) maupun PM Najib Razak (Malaysia), sudah menyatakan keprihatinan mereka. Jadi, sebaiknya segera bertemu dan mengambil tindakan yang diperlukan,” pungkasnya. ■ Red/Goes

Related posts

Bendahara PAC PDI-P Kecamatan Babelan, MAS SUKOCO Pastikan Dirinya Jadi Bacaleg Dapil V Kabupaten Bekasi

Redaksi Posberitakota

SENATOR DAILAMI FIRDAUS Sebut Empat Pilar Kebangsaan Tak Diimplementasikan Secara Utuh

Redaksi Posberitakota

Baleho Jokowi-Gatot, PAIMAN RAHARJO : Itu Bukan Milik Relawan Sedulur Jokowi

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang