34.2 C
Jakarta
18 April 2024 - 14:22
PosBeritaKota.com
Nasional

Pilkada Juni 2018, POLRES bersama KODIM 0602 SERANG Satukan Langkah agar Aman dan Damai 

SERANG (POSBERITAKOTA) □ Ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak bakal digelar 26 Juni mendatang. Sejumlah pihak, termasuk aparat Polri dan TNI, sangat berharap pada pelaksanaan pesta demokrasi itu nanti, bisa berlangsung aman dan damai.

Harapan tersebut tentu ingin dicapai pada Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Serang nanti. Karenanya sebagai ujung tombak pengamanan, Polres Serang bersama Kodim 0602 Serang, menyatukan langkah agar proses demokrasi hingga penetapan Walikota/Wakil Walikota Serang berlangsung lancar tanpa gangguan.

Upaya pengamanan sudah dipetakan mulai pengerahan personil Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk lebih meningkatkan pendekatan dan pelayanan kepada semua elemen masyarakat. Dua unsur personil keamanan ini wajib dikenal atau diketahui oleh masyarakat dan wajib mengetahui kondisi di tengah masyarakat.

“Harapannya, para personil Bhabinkamtibmas harus dekat dengat dengan masyarakat dan mampu mengatasi segala permasalahan yang dihadapi masyarakat,” tegas Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin, Selasa (13/2).

Untuk tahapan Pilwakot Serang, imbuh Kapolres, pihaknya juga sudah memiliki strategi agar seluruh tahapan berjalan lancar. Termasuk diantaranya dengan berkordinasi dengan pihak KPU dan Panwaslu Kota Serang. Bahkan mulai dijalankan sejak para bakal calon mulai mendaftar ke KPU hingga gelaran pelantikan calon terpilih.

“Jadi, semua tahapan Pilwakot Serang ini, sudah tergambarkan sehingga kami tentunya berharap pengamanan sesuai harapan semua pihak,” ucap AKBP Komarudin.

Terkait personil yang akan diterjunkan dalam hajat demokrasi Kota Serang ini, Kapolres menegaskan pihaknya akan mengerahkan 2/3 kekuatan yang dimilikinya. Kekuatan tersebut belum termasuk BKO personil Brimob dan TNI. Dari jumlah personil keamanan ini, tentunya akan ditempatkan di seluruh lokasi yang berkaitan dengan Pilwalkot Serang.

“Sedangkan penempatan personil, tentu tidak dilakukan secara merata namun kita lihat dari karakteristik dan potensi kerawanan keamanan di daerah,” papar Kapolres lagi.

Demi kelancaran rencana pengamanan Pilwakot Serang ini, lanjut Komarudin, pihaknya tentunya telah melakukan simulasi secara terjadwal. Simulasi menyeluruh bersama personil Brimob Banten dan Kodim 0602 Serang tidak hanya sebatas penanganan potensi ancaman pada tahapan Pilwalkot Serang, melainkan juga diperagakan penanganan ancaman bom maupun penyanderaan oleh sekelompok teroris. ■ RED/ARIA/GOES

Related posts

Hadiri Peresmian ICMI Center, CAMELIA PANDUWINATA Ikut Tasyakuran Peringati Kemerdekaan RI

Redaksi Posberitakota

Apresiasi ‘Relawan Milenial’, KETUM PKB GUS AMI & KETUM KITA KANG MAMAN Salurkan Bantuan ke Korban Banjir di Subang

Redaksi Posberitakota

Di dalam Rutan Medaeng, VANESSA ANGEL Khusuk Menjalani Sholat I’ed

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang