Di Pulau Tidung, GUBERNUR ANIES Canangkan HUT ke-491 Jakarta

JAKARTA (POSBERITAKOTA) □ Dalam rangka menyambut hari lahir Kota Jakarta, Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan pencanangan  HUT ke-491 Jakarta di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu

Pencanangan yang dilakukan di kawasan pulau untuk menegaskan program Pemprov DKI Jakarta dalam pemberdayaan nilai wisata bahari di kepulauan teluk Jakarta

Secara simbolis pencanangan dilakukan dengan pemencetan tombol sirine. “Kami sengaja memilih kawasan pulau sebagai tempat pencanangan HUT.  Ini sebagai langkah awal pembangunan baik fisik dan nonfisik akan terus dilakukan di Kepulauan Seribu,” ujar Anies di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, Rabu (9/5).

 “Di sinilah kita sebenarnya kalau bicara kepulauan sebagai garis terdepan DKI Jakarta. Hari ini, kita bersama-sama menyaksikan peristiwa bersejarah pencanangan HUT ke-491 kota Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni,” serunya didampingi Wakil Ketua DPRD M Taufik, Sekda M Saefullah dan lainnya.​Dijelaskannya potensi Kepulauan Seribu bisa didorong Pemprov DKI untuk kemajuan pariwisata, dengan memperhatikan kondisi alam serta kearifan lokalnya. “Kami ingin mengembangkan sektor pariwisata, perikanan dan kelautan di sini,” terangnya. 

Anies juga menegaskan bahwa pelaksanaan pembangunan di masing-masing wilayah DKI Jakarta akan dilakukan dengan memperhatikan potensi dan kebutuhan masyarakatnya.

“Kalau kita bisa membangun sesuai konteksnya, maka manfaatnya bisa dirasakan langsung warga setempat,” tandas Anies sambil melihat-lihat aktivitas warga kepulauan yang sehari-hari menggantungkan hidup dari hasil tangkapan ikan laut maupun budi dayanya dan ditambah lagi usaha pariwisata dengan menyewakan kamar penginapan, makanan, pemandu wisata dan lainnya. 

“Perayaan HUT Kota Jakarta agar dinikmati masyarakat, mereka bukan cuma dipertontonkan upacara perayaan yang dilakukan petugas,” tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut Anies juga meresmikan delapan sekolah di Kepulauan Seribu. Dia juga meresmikan kapal hibah dari Kementerian Perhubungan. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here