Buka Peluang ke 16 Besar, TIMNAS JEPANG Tahan Senegal 2-2

NIZHNY NOVGOROD (POSBERITAKOTA) ■ Jepang dan Senegal bermain imbang 2-2 pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2018. Di menit 11, Senegal unggul terlebih dulu setelah Sadio Mane mencetak gol di Nizhny Novgorod Stadium, Novgorod, Minggu (24/6) malam WIB.

Gol ini sedikit berbau keberuntungan. Karena kiper Eiji Kawashima bermaksud membuang bola justru membentur Mane.

Mental pemain Jepang tetap tegar meski tertinggal 0-1. Melalui permainan pendek dari kaki ke kaki, Jepang berusaha membangun serangan untuk menyamakan skor. Beberapa kali Shinji Kagawa mengancam gawang Senegal di sisa babak pertama.

Di menit 34, tekanan Samurai Biru, julukan Jepang, berbuah hasil. Dari dalam kotak penalti, Takashi Inui melepas tendangan yang tak mampu dijangkau kiper Khadim Ndiaye. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Senegal kembali terlebih dulu mengambil inisiatif menyerang. Di menit 71, wakil Afrika itu berhasil unggul 2-1 melalui gol Moussa Wague. Sayang, keunggulan ini tidak mampu dipertahankan Senegal.

Baca Juga:  Figur Kapten MU, PELATIH SOLAKJAER Pastikan Tetap Dipegang Valencia

Tujuh menit berselang setelah gol itu, Jepang kembali mampu menyamakan skor. Kali ini, Jepang mencetak gol melalui Keisuke Honda. Skor 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga.

Menurut catatan Opta, Honda menjadi pemain Asia yang mencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Ia telah mengemas empat gol dari total 9 pertandingan yang dilakoni Jepang di semua kompetisi.

Sementara itu, hasil imbang 2-2 ini membuat Jepang dan Senegal sama-sama mengoleksi empat poin dari dua laga. Menduduki posisi satu dan dua klasemen sementara Grup H. Sedangkan Kolombia di posisi tiga dengan poin tiga setelah menumbangkan Polandia – sebagai urutan empat dan pasti tersingkir – 3-0.

Jepang dan Senegal memperpanjang rekor tak terkalahkan di fase grup Piala Dunia 2018. Sekaligus membuka peluang ke babak 16 besar, bersama Kolombia. Di laga ketiga, Kamis (28/6) mulai pukul 21.00 WIB, Jepang akan jumpa Polandia dan Senegal bentrok dengan Kolombia. ■ RED/AYID

Beri Tanggapan