Sukseskan Asian Games, DINAS LINGKUNGAN HIDUP Jaga Kebersihan Rute Atlet

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat serius menyukseskan Asian Games XVIII. Berbagai upaya dilakukan untuk menyambut perhelatan akbar bangsa ini, salah satunya menjamin kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan kebersihan di venue, wisma dan rute para atlet internasional tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan setiap 200 meter rute non tol yang dilewati atlet akan dijaga oleh 2 (dua) personel Pasukan Orange Dinas Lingkungan Hidup. “Selain itu, kami juga mengerahkan dan street sweeper atau mobil sapu otomatis untuk menjaga kebersihannya,” katanya di Jakarta, Minggu (15/7).

Isnawa memaparkan, jalan protokol yang strategis juga menjadi perhatiannya, seperti Jl Jenderal Sudirman, MH Thamrin, Gatot Subroto, S. Parman, Gajahmada, Hayamwuruk, RE Martadinata dan Ahmad Yani.

Tempat Penampungan Sementara (TPS), sungai, waduk, situ dan saluran PHB yang berada di sekitar venue, wisma atlet serta jalur yang dilewati para atlet juga dijaga kebersihannya secara khusus.

Baca Juga:  Menderita Syaraf Kejepit, PRIA Frustasi Terjun Bebas dari Lantai 21

“Kita berupaya maksimal mewujudkan arahan Pak Gubernur dan Pak Wagub untuk menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah yang baik. Kotanya bersih rapi, warganya ramah. Mata dunia akan tertuju ke Indonesia karena kita menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia,” kata Isnawa.

Selain itu, pusat-pusat perbelanjaan, museum, objek wisata, serta objek lainnya yang menarik perhatian para atlet akan dijaga kebersihannya secara khusus. Dinas Lingkungan Hidup juga mengerahkan relawan dari Pasukan Orange sebagai Environmental Crew sebanyak 1.000 orang. “Mereka yang bertugas mengawasi dan mengingatkan pengunjung Asian Games untuk menjaga lingkungan dan kebersihan,” kata Isnawa.

Kolaborasi membangun gerakan bersama dengan berbagai komunitas dan elemen masyarakat juga dilakukan, diantaranya melalui gerakan pungut sampah yang melibatkan komunitas peduli lingkungan hidup, seperti Komunitas Bersih Nyok!, Waste for Change, Jakarta Osoji Club, Clean Up Jakarta Day, Formapel, Karang Taruna, Pramuka dan lainnya. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan