Sejarah Pertama Kali di Asian Games, EQUESTRIAN Indonesia Lolos ke Final

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia berhasil menembus babak final cabang olahraga (cabor) equestrian di ajang Asian Games. Sejarah itu diukir oleh Ferry Wahyu Ardiyanto yang menunggangi kuda bernama ‘Faults Free’ di nomor lompat individul di Jakarta Internasional Equestrian Park, Pulo Mas, Jakarta, Selasa (28/8).

Sukses itu diraih Ferry bersama kuda milik klub Equinara setelah finish di urutan ketiga dengan total poin 12,07 pada babak kualifikasi menuju final. Sementara di urutan pertama ditempati rider asal Suriah, Ahmad Saber Hamcho dengan kuda bernama Cartagena yang meraih total poin 7,30.

Sedangkan untuk urutan kedua ditempati rider asal Filipina, Maria Antonette Leviesta dengan kuda bernama Maximillian yang meraih total poin 8,50. Menanggapi sukses tersebut, Ferry mengaku bersyukur dengan perjuangannya selama ini.

“Saya senang bisa lolos ke final. Apalagi ini harus saya raih dengan susah payah. Saya harus mondar-mandir Belanda, Jerman dan Indonesia selama try out untuk bisa mengenal Faults Free. Sebelumnya, saya sudah mencoba sebanyak lima kuda, sebelum akhirnya pilihan saya jatuh kepada Faults Free. Pada perlombaan tadi, tidak ada kendala dengan kuda, hanya saja kuda-kuda dari negara-negara Timur Tengah luar biasa,” kata Ferry kepada wartawan, usai lomba.

Pada babak final yang berlangsung, Kamis (30/8) mendatang, Ferry mengaku tidak terbeban. Maklum, ini merupakan pertama kalinya Indonesia bisa menembus babak final equestrian dalam sejarah Asian Games.

“Saya tidak ada beban karena memang tidak ada target untuk bisa mempersembahkan medali. Tapi, saya akan tetap berusaha yang terbaik dan mempersembahkan medali. Menurut saya lawan terberat di final nanti adalah negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Qatar, Kuwait dan Jepang,” jelasnya.

Sementara itu Adinda Yuanita selaku pelatih sekaligus pemilik kuda Equinara, menegaskan bahwa hasil yang dicapai Ferry menjadi sejarah baru bagi equestrian Indonesia. Ia juga berharap sukses Ferry tersebut, bisa menjadi awal untuk terus mengembangkan olahraga equestrian di Tanah Air.

“Hasil ini cukup menggembirakan, karena untuk pertama kalinya Rider Indonesia lolos ke final cabang equestrian Asian Games. Dengan sukses ini, harapan kita tentunya olahraga equestrian bisa dipandang sebagai salah satu cabang yang memiliki potensi bagi berprestasi Indonesia,” harapnya. ■ RED/KEV/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here