PosBeritaKota.com
Megapolitan

Di Pesisir Utara Jakarta, 500 RELAWAN Jepang & Pemprov DKI Bareng Tanam Bakau

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemprov DKI Jakarta bersama 500 relawan dari Jepang menanam bibit bakau di kawasan pesisir utara di sepanjang Jalan Tol Sedyatmo, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (22/9).

Ratusan relawan asing yang didatangkan oleh AEON Environmental Foundation bergabung dengan 500 relawan dari Pemprov DKI Jakarta, Gerakan Pramuka Saka Kalpataru binaan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, siswa-siswi SMA dan berbagai komunitas pecinta lingkungan bahu-membahu menanam pohon untuk pelestarian kawasan laut.

Kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan AEON Enviromental Foundation Jepang dalam penanaman pohon bakau secara massal akan terus dilakukan secara bertahap sampai tahun 2020.

“Sebelumnya, tahun 2011-2013 telah dilakukan penanaman 63.000 pohon bakau oleh 5.000 relawan, di antaranya 3.500 orang asal Jepang,” kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Mungkasa.

Hingga saat ini, bakau yang dulu ditanam telah tumbuh dengan baik di area penanaman yang berdekatan dengan lokasi penanaman untuk saat ini.

Acara ini sekaligus sebagai bagian dari peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia dan sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap isu pembangunan berkelanjutan.
Pantai Utara Jakarta masih menghadapi kerawanan terhadap banjir rob serta kurangnya ruang terbuka hijau. Penanaman pohon bakau ini sebagai upaya menuju Jakarta berketahanan.

Bakau berfungsi sebagai pemecah gelombang alami di sepanjang pantai dan pada saat yang sama mengurangi emisi gas rumah kaca. Mangrove atau Bakau di sepanjang pesisir utara Jakarta, diharapkan dapat melindungi lingkungan terdekat dari bencana alam seperti banjir, serta menambah ruang terbuka hijau (RTH).

Sejumlah pejabat dan tokoh turut hadir menanam pohon Bakau tersebut di antaranya Dubes Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, President Director AEON Environmental Foundation, Motoya Okada, Prof Dr Emil Salim dan Pemprov DKI diwakili oleh Deputi Gubernur, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji beserta pejabat lainnya.

“Kami siap memastikan penanaman akan berjalan dengan baik untuk tahun-tahun selanjutnya,” ujar Isnawa. Selama berlangsung kerja sama hingga tahun 202, ditargetkan menanam sekitar
30.000 bibit pohon Bakau di kawasan Elang Laut Pantai Indah Kapuk. □ RED/JOKO

Related posts

Situasi Tak Kondusif, SEKRETARIS PANMUS JAMES Minta Maaf & Terpaksa Tunda Lagi Pelaksanaan RUALB P3SRS

Redaksi Posberitakota

PJ Gubernur DKI Heru Budi Buka ‘JID 2023’, HUMAN INITIATIVE Tampilkan Produk UMKM Binaan

Redaksi Posberitakota

Di Komplek Angkasa Pura Jakpus, FERY FARHATI BASWEDAN Pimpin Rombongan Roadshow PKK DKI Jakarta

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang