Di Jakarta Utara, 18 SMK Ikut Tanding ‘Cerdas Cermat Bhineka Tunggal Ika’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Kantor Sudin Pendidikan Jakarta Utara, menggelar kegiatan ‘Lomba Cerdas Cermat Bhineka Tunggal Ika’ yang diikuti sebanyak 18 SMK (Sekolah Menegah Kejuruan). Acara yang digelar di Aula SMKN 4 Jakut itu, berlangsung sejak 20-22 September kemarin.

Menurut Kasie SMA dari Kantor Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Utara, Dudung Durohman, pesertanya tercatat ada sebanyak 150 siswa-siswi. Sedangkan untuk lomba dibagi menjadi 3 bagian meliputi Cerdas Cermat, Penghapal Sila dan Butir Butir Pancasila.

“Kami menggelar lomba selama tiga hari, sejak Kamis hingga Sabtu kemarin. Soal kalah atau menang, itu hal yang biasa. Yang utama diserapnya nilai manfaat dari Pancasila sebagai pedoman anak di zaman Milenia,” kata Dudung kepada POSBERITAKOTA.COM, Minggu (23/9).

Ditambahkan Dudung lebih lanjut bahwa saat ini akibat pengaruh globalisasi, dapat memicu nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang kian terpinggirkan. Karenanya, ia berharap kegiatan serupa terus digencarkan sehingga tujuan bangsa yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri, mampu menjawab tantangan zaman.

Sementara itu Kepala SMKN 4 Jakarta Utara, Diding Hafinudin, menuturkan bahwa lomba cerdas cermat yang mengusung tema ‘Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika’ bertujuan agar generasi muda memahami Pancasila sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia.

Hasil akhir lomba menempatkan SMKN 4 keluar sebagai juara pertama. Kemudian disusul SMK 36 dan SMK 33 yang meraih gelar juara kedua dan ketiga. Sedangkan untuk juara pertama lomba penghapal Sila dan Butir-Butir Pancasila, digondol perwakilan dari SMKN 4, SMKN 33 meraih posisi kedua serta SMK Strada harus puas sebagai juara ketiga. ■ RED/RIO/AYS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here