Debat Kandidat Perlu, KETUA KPU Bilang Biar Masyarakat Tak Lupa Janji-janji Capres

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Momentum ‘Debat Kandidat’ bagi Capres-Cawapres dalam Pemilu 2019 tetap perlu. Sebab, dari situ masyarakat akan mengetahui visi misi yang bakal disampaikan. Termasuk janji-janji yang akan direalisikan manakala terpilih nanti.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, kemarin di Jakarta. Karena itu, pihaknya sudah merancang debat kandidat sebanyak 5 kali, meski waktunya belum bisa disampaikan sekarang.

“Sebab, jika dilakukan jauh-jauh hari, masyarakat malah akan lupa,” kata Arief seraya menyebut masa kampanye sudah dimulai sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Sedangkan untuk pemungutan suara dilakukan pada 17 April 2019.

Dijelaskan bahwa setiap peserta Pemilu hanya bisa melakukan kampanye sesuai aturan yang sudah disepakati. Mereka belum boleh menggelar rapat umum dan termasuk memasang iklan di media cetak, online dan elektronik (TV).

Untuk semua kampanye, sebut Arief bakal ada aturan mainnya. Harapannya, agar tidak terjadi benturan-benturan. “Namun untuk kegiatan yang tak perlu ada aturan, ya silakan saja. Yang penting, harus ada pemberitahuan lebih dulu,” pungkas Ketua KPU. ■ RED/AYID

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here