Jelang Asian Para Games, RATUSAN Petugas Dinas LH DKI Gerebek Sampah di GBK

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Ratusan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan aksi gerebek sampah di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Aksi yang digelar selama dua hari tersebut dalam rangka menyukseskan pesta olahraga atlet disabilitas Asian Para Games 2018, yang digelar 6-13 Oktober 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan kesuksesan Ibukota dalam pelaksanaan Asian Games yang lalu, ingin dipertahankan saat Asia Para Games ini. “Keduanya hajat bangsa yang harus dipastikan berlangsung dengan baik dan didukung penuh sesuai arahan Bapak Gubernur,” katanya saat memimpin pelaksanaan gerebek sampah, Selasa (2/10).

Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan 300 personel dalam gerebek sampah kali ini, di antara dari Suku Dinas LH Jakarta Pusat sebanyak 100 orang, Jakarta Utara 35 orang, Jakarta Selatan 35 orang, Jakarta Barat 25 orang, Jakarta Timur 25 orang, UPK Badan Air 60 orang dan pengawas lapangan sebanyak 20 orang.

Sementara itu armada yang dikerahkan berupa truk typer besar sebanyak 6 unit, pick up 16 unit, road sweeper 4 unit, shovel Loader 1 unit dan Bus Toilet 2 unit.

Isnawa mengungkapkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup juga akan mendukung kebersihan di setiap venue saat Asian Para Games berlangsung, yaksi dengan mengerahkan personel kebersihan, bus toilet, street sweeper, truk sampah compactor dan menyediakan tempat-tempat sampah selama ajang internasional ini.

“Selain di cluster GBK, petugas kami juga dikerahkan di kawasan Wisma Atlit Kemayoran, Tanjung Priok Youth Arena, Jaya Ancol Bowling Center, Klub Kelapa Gading, Cempaka Putih Youth Arena, JI Expo, Jakarta International Velodrome, Balai Sudirman, dan POPKI Sport Building Cibubur,” jelasnya, panjang lebar.

Isnawa juga mengimbau untuk aksi simpatik relawan kebersihan dan para penonton Tanah Air selama Asian Games lalu dengan meletakkan sampah di tempatnya. Gerakan mengumpulkan sampah di kursi-kursi penonton dan aksi simpatik pungut sampah di venue-venue kembali dilakukan. “Kita tunjukkan sekali lagi bahwa kita bangsa yang beradab,” ucap dia sambil menambahkan gerebek sampah dilakukan dua hari yakni Selasa dan Rabu. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here