Sambut Pembukaan Asian Para Games, 500 PETUGAS Kebersihan Dikerahkan di GBK Senayan

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Ratusan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta disiagakan untuk membersihkan Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan sekitarnya saat Opening Ceremony Asian Para Games 2018.

“Kami kerahkan petugas gabungan untuk mengantisipasi penangganan sampah saat pembukaan pesta olahraga. Tiga jam setelah gelaran berakhir, kami targetkan bersih semua,” kata Kepala DLH DKI Jakarta, Isnawa Adji, Sabtu (6/10).

Dia menambahkan kesuksesan Ibukota dalam pelaksanaan Asian Games yang lalu ingin pihaknya pertahankan saat Asian Para Games 2018. “Ini sesuai arahan Gubernur,” kata Isnawa.

Pihaknya mengerahkan 500 personel yang terdiri dari Suku Dinas LH Jakarta Pusat sebanyak 200 orang, Jakarta Utara 35 orang, Jakarta Selatan 100 orang, Jakarta Barat 25 orang, Jakarta Timur 25 orang, UPK Badan Air 95 orang dan pengawas lapangan sebanyak 20 orang.

Sementara itu armada yang dikerahkan berupa truk typer besar sebanyak 6 unit, truk sampah jenis compactor 4 unit, pick up 10 unit, road sweeper 10 unit, shovel loader 1 unit dan bus toilet 4 unit.

Tidak saja saat Opening Ceremony, kata Isnawa, DLH juga akan mendukung kebersihan di setiap venue saat pertandingan berlangsung, yaitu dengan mengerahkan personel kebersihan, bus toilet, street sweeper, truk sampah compactor dan menyediakan tempat-tempat sampah selama ajang internasional ini. “Termasuk dua unit bus toilet khusus difabel,” katanya.

Isnawa juga mengimbau bahwa aksi simpatik para relawan kebersihan dan penonton tanah air pada Asian Games lalu dengan melakukan aksi pungut sampah dan tertib meletakkan sampah di tempatnya kembali dilakukan pada hajatan ini.

“Kita tunjukkan sekali lagi, kita bangsa yang beradab saat event internasional ini. Apalagi tema besar Asian Para Games 2018 adalah kemanusiaan yang adil dan beradab,” kata Isnawa. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here