Pemprov DKI Gelar Umroh Gratis, 267 MARBOT Segera Diberangkatkan ke Tanah Suci

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pemprov DKI Jakarta akan memberangkatkan umrah gratis sebanyak 267 marbot atau penjaga masjid. Mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam dua gelombang mulai November 2018.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Hendra Hidayat, mengatakan ada 267 marbot yang diumrahkan gratis ini merupakan perwakilan setiap kelurahan yang ada di Jakarta.

“Pada 19 November 2018 akan diberangkatkan untuk gelombang pertama sebanyak 100 orang. Sedangkan sisanya menyusul pekan berikutnya,” ujarnya di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (17/10).

Hendra juga menjelaskan bahwa program ini merupakan kerja sama Pemprov dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta. Dalam program tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi para marbot. “Seleksinya dijalankan oleh DMI. Adapun salah satu syaratnya adalah harus bisa membaca hafalan sedikitnya sepuluh surat pendek Al-Quran,” tuturnya.

Baca Juga:  Subuh Keliling di Masjid Al Barkah, WAKIL WALIKOTA BEKASI Sebut Manusia Ikut Sholat Berjamaah Dilindungi Allah

Dikatakan Hendra untuk tahun 2017 lalu, jumlah marbot yang berangkat umrah sekitar 100 orang. Sementara pada tahun ini, Pemprov DKI menambah jumlah marbot yang diberangkatkan menjadi 267 orang. “Ini bentuk apresiasi kepada marbot,” tandasnya.

Sementara itu Hasan, salah satu penerima program umrah gratis menyambut gembira. “Alhamdulillah saya akan berangkat ke Tanah Suci. Selain gratis biaya, kabarnya juga dapat uang saku Rp 2,5 juta,” papar penjaga masjid di wilayah Kelurahan Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan