Buat Angkut Sampah Laut, DINAS LH DKI Ajukan Pembelian 20 Kapal Motor

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Dalam upaya meningkatkan kebersihan laut dan pesisir Ibukota, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berencana membeli 20 unit kapal motor. Pengadaan itu tengah diajukan pada penyusunan Kebijakan Umum APBD serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2019 yang merupakan cikal bakal lahirnya APBD tahun depan.

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga, mengatakan pengajuan 20 alat angkut kebersihan kapal tersebut dianggarkan Dinas LH sekitar Rp 15 miliar. Kapal motor ini nantinya akan dioperasikan untuk menjaga kebersihan, terutama di kawasan laut dan pantai.

“Saat ini sampah di laut makin banyak. Sampah tersebut merupakan buangan dari warga DKI maupun Banten, termasuk wisatawan bahari,” ujarnya di gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (19/10).

Semoga dengan adanya kapal tersebut, kata Pandapotan bisa mengurangi volume sampah di laut. Dalam hal ini, Dewan secara garis besar mendukung rencana pengadaan kapal tersebut. Tetapi harga dan kualitas harus sesuai.

“Selain itu kapal harus dirawat dengan baik sehingga benar -benar bermanfaat bagi semua pihak,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Aji, menambahkan kapal motor tersebut diusulkan agar kebersihan sampah di laut maupun di darat bisa semakin terjaga. Selain itu ekosistem di laut juga terpelihara dengan baik dan tidak rusak akibat sampah.

“Karena kalau buang sampah di laut, lama-lama akan merusak ekosistem,” tandasnya sambil berharap agar proses pembahasan berjalan lancar sehingga tahun depan pembelian kapal dapat direalisasi. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here