Biar Makin Mendunia, MENPORA Dukung Pencak Silat Bisa Berlaga di Olympiade

JAKARTA (POSBERITAKOTA) ■ Pencak Silat sebagai cabang olahraga asli Indonesia, terus diperjuangkan agar lebih mendunia lagi. Tentu saja, selepas sukses dilagakan dalam ajang Asian Games XVIII/2018 beberapa bulan lalu. Karenanya, kini bakal diperjuangkan supaya bisa dipertandingkan pada Olympiade mendatang.

Harapan sekaligus upaya ke arah itu, mencoba didengungkan oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Terlebih lagi, menurut dia, setelah mengikuti perkembangan cabang olahraga di Tanah Air. Jadi, sudah harus diperjuangkan untuk event tertinggi, yakni Olympiade.

“Pencak Silat itu merupakan warisan olahraga dan budaya Indonesia. Karenanya, perlu terus dikembangkan,” ucap Menpora dalam keterangannya Rabu (24/10) kemarin dari Kantor Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda.

Pada bagian lain, Imam Nahrawi menuturkan bahwa Pemerintah tak mau kehilangan momentum untuk mempromosikan sekaligus mengembangkan olaraga beladiri Pencak Silat. Saat ini saja sudah ada 49 negara di seluruh dunia memiliki Federasi Pencak Silat.

Dari data yang ada sebanyak 18 negara di kawasan Asia. Mulai dari Singapura, Malayasia, Brunnei Darussalam, Laos, India, Myanmar, Pakistan, Filipina, Oman, Arab Saudi, Qatar, Palestina, Uni Emirat Arab, Turkmenistan, Kuwait serta Indonsia sendiri.

Sedangkan untuk kawasan Afrika, Eropa sampai Amerika, termasuk berminat menyertakan diri sebagai anggota. Sebut saja di antaranya Perancis, Denmark, Bosnia, Spanyol, Portugal, Belgia dan Australia. Selain itu juga ada Jerman, Yunani, Italia, Belanda, Turki, Inggris, Suriname, Selandia Baru dan lainnya. ■ RED/GOES

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here