Umrohkan 267 Marbot, ANIES Pesan Jangan Lupa Belajar Pengelolaan Masjid

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Sebanyak 267 marbot atau pengurus masjid mendapat hadiah umrah gratis dari Pemprov DKI Jakarta. Menjelang keberangkatan mereka ke Tanah Suci dilepas oleh Gubernur Anies Baswedan di Balaikota, Jumat (9/11).

Anies mengharapkan kepada 267 marbot yang diberangkatkan umroh ke Tanah Suci untuk belajar pengelolaan masjid yang baik di Mekah dan Madinah. “Beribadah sambil belajar cara mengelola masjid, lalu setelah pulang dapat diterapkan di tempat masing-masing,” ujar Anies didampingi Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Hendra Hidayat.

Sebanyak 267 marbot (1 orang marbot per kelurahan) di DKI diberangkatkan ibadah umroh ke Tanah Suci oleh Pemerintah Provinsi DKI menggunakan dana APBD 2018. Gelombang pertama, 100 marbot akan bertolak ke Saudi Arabia pada Minggu (11/11), dan 167 marbot lainnya akan terbang Desember mendatang.

Hendra menambahkan marbot yang berminat banyak sekali sehingga harus diseleksi, tiap kelurahan satu orang. “Syaratnya antara lain memiliki KTP dan KK DKI, memiliki rekening Insentif Marbot di Bank DKI Syariah/Bank Mandiri Syariah, sudah menjadi marbot paling sedikit 5 tahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari ketua masjid dan diketahui lurah setempat, dan lolos seleksi tingkat wilayah kota dan provinsi,” papar Hendra.

Adapun proses seleksi meliputi, pertama, mampu mengumandangkan adzan dan iqomah dengan baik, kedua, bisa menjadi imam sholat rawatib, ketiga, dapat membaca Al-Quran atau surat2 pendek dengan baik, dan keempat adalah interview,” jelas Hendra, mantan Camat Kebon Jeruk.

Achmd Syauki, salah satu peserta mengaku bersyukur bakal menjafi tamu Allah di Baitullah. “Alhamdulillah, saya dapat panggilan dari Allah SWT untuk berangkat ke Tanah Suci melalui perantara Pemprov DKI. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur dan jajarannya yang menggelar program umrah gratis,” ujar pengurus masjid dari Kemayoran, Jakarta Pusat. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here