SANGAT BERBAHAYA MABUK AIR REBUSAN ‘PEMBALUT’ BISA HILANG KESADARAN

BEKASI (POSBERITAKOTA) – Awas, berbahaya! Dan, sangat tidak lazim. Fenomena anak-anak dan remaja karena untuk kepentingan mabuk-mabukan, lantas mereka punya cara aneh dengan minum air rebusan ‘pembalut’ wanita.

Oleh karenanya, persoalan tersebut kemudian menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Termasuk para pakar kesehatan yang mewanti-wanti, agar siapa pun jangan coba-coba melakukan. Sebab, kecenderungannya sangat berbahaya.

“Itu sangat berbahaya, terutama bagi kesehatan. Sebab, di dalam pembalut wanita, selain terkontaminasi kuman juga ada bekas darah,” sebut Ari Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dalam keterangannya.

Menurut dr Ari lebih lanjut, jika benar mengkonsumsi itu bakal ada zat-zat kimia masuk ke dalam tubuh. “Kita kan belum tahu. Bicara dari segi kesehatan yang masuk ke dalam tubuh kan darah. Juga kimia yang ada di pembalut wanita,” paparnya.

Pembalut, menurut ahli, Endoskopi Gastrointenstial, jelas mengandung klorin. Dampaknya, bisa membuat organ tubuh terkontaminasi. Kemudian bisa jadi toksik atau racun yang amat berbahaya, jika masuk ke dalam tubuh manusia.

“Lantas, efeknya apa lagi? Jelas, toksil bisa bikin seseorang bakal hilang kesadarannya. Juga bahaya bagi lambung, usus, liver serta ginjal,” tegas dr Ari seraya menyebut bahwa tindakan anak-anak dan remaja tersebut, sudah sangat kebablasan. ■ RED/WAWAN/AYID

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here