Monas Kinclong Lagi, ANIES Puas Tinjau Kebersihan Sampah Pasca ‘Reuni Akbar 212’

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Aji menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung percepatan penanganan sampah pasca kegiatan Reuni Aksi Damai 212. Berkat dukungan tersebut, seluruh titik konsentrasi massa yang sempat kotor oleh sampah, hanya dalam beberapa jam berubah jadi kinclong.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu kelancaran pembersihan sampah, terutama peserta aksi damai yang sangat koperatif,” ujar Isnawa saat memimpin pembersihan sampah di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (2/12) sore.

“Mereka bersedia memasukkan sampah ke kantong-kantong plastik yang kami bagikan di lokasi seperti kawasan Monas, Masjid Istiqlal, Patung Tani, Jl MH Thamrin, Jl Medan Merdeka, Jl Juanda, dan lainnya,” sambungnya.

Selain memasukkan sampah ke kantong plastik yang telah disediakan, kata Isnawa, sejumlah peserta aksi juga membentuk laskar atau regu comot sampah sehingga membantu kelancaran pekerjaan.

Untuk membersihkan volume sampah yang begitu banyak, pihaknya mengerahkan 1.080 personil, termasuk 230 petugas dari UPK Monas.

“Adapun peralatan yang dikerahkan meliputi 18 truk, 30 mobil lintas, 18 unit mobil penyapu jalan, 1.200 sapu lidi dan pengki. Hanya dalam beberapa jam, lokasi kembali bersih,” ujar Isnawa sambil menambahkan volume sampah yang diangkut sekitar 217 ton atau 588 meter kubik.

Sekitar pukul 17.00, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Sekda M. Saefullah menyempatkan diri meninjau lokasi Monas dan sekitarnya untuk melihat langsung kondisi pascapembersihan. Dia tampak senang dan mengapresiasi petugas dam panitia kegiatan, terutama jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan UPK Monas.

“Terima kasih atas kerja keras dari semua pihak, sehingga timbulan sampah yang begitu banyak dapat diatasi dengan baik,” ujarnya sambil menyalami Isnawa. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan