Bantu Nelayan & Peternak Sapi, BAZNAS Kembangkan Program ZCD Kepulauan Meranti

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengembangkan program Zakat Community Development (ZCD) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Program ZCD ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan, kemandirian, ketangguhan, dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam siaran pers yang dirilis kepada wartawan di Jakarta, Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS, Randi Swandaru mengatakan, program ZCD di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah berjalan sejak September 2018. Pemberdayaan dilakukan dengan memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan.

“Program ZCD ini diwujudkan dengan pemberian hewan ternak, pemberdayaan nelayan, renovasi mushola serta masjid, dan peningkatan kualitas beberapa sekolah,” katanya, Kamis (13/12).

Sedangkan di Desa Beting, Kecamatan Rangsang Pesisir, para nelayan diberdayakan dengan pengadaan 10 unit perahu bermesin dan jaring, pemberian hewan ternak juga pelatihan budidaya ternak dilakukan.

Sebanyak 116 tempat penampungan air juga didirikan. Desa Centai Kecamatan Pulai Merbau juga dilakukan pemberdayaan nelayan dengan pemberian jaring sebanyak 19 mustahik dan perahu sebanyak 15 unit, juga pembuatan sumur bor.

Baca Juga:  Terkait Rencana Impor Garam, KPK Harus Berani Memeriksa Mendag

Sementara itu di Desa Pangkalan Balai Kecamatan Pulau Merbau, kata Randi, implementasi program ZCD BAZNAS adalah merenovasi beberapa masjid, seperti pembangunan tempat wudhu dan MCK di Masjid Nurul Hidayah, Masjid Raidhatul Jannah, dan Masjid Babul Fatoha. “Pelatihan budidaya ternak dan pemberian kambing sebanyak 15 mustahik juga dilakukan di desa ini,” jelas Randi.

Randi menambahkan bahwa masih di Kabupaten Kepulauan Meranti, program ZCD BAZNAS juga dilakukan di Desa Tanjung Sari Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Tahap pertama ini, masyarakat telah diberikan sapi sebanyak 20 ekor. Pengadaan komputer sebanyak 10 unit di SDN 02 dan SMPN 01satu atap. Pembangunan teras juga dilakukan di Musholla Tanwirul Muttaqin. ■ RED/JOKO

Beri Tanggapan