Program Sosial Pemprov DKI, RATUSAN MBR Bersyukur Dapat Kartu Pekerja

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Ratusan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) merasa bersyukur setelah mendapat jaminqb sosial dari Pemprov DKI Jakarta bernama Kartu Pekerja (Karpek). Pasalnya dengan memilki kartu tersebut, warga dapat menikmati berbagai fasilitas seperti naik busway gratis, sembako murah, KJP Plus dan lainnya.

Syahroni, salah satu pekerja swasta berpenghasilan UMP mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI yang memiliki program baru bernama Karpek. “Saya sampaikan terima kasih kepada Gubernur Anies Baswedan dan Dinas Tenaga Kerja dab Transmigrasi (Nakertrans) yang telah memberikan Karpek kepada kami,” ujarnya di Jakarta, Senin (17/12).

Jadi, meskipun penetapan UMP DKI tidak sebesar harapan kaum pekerja, namun dengan adanya Karpek tersebut dapat membantu meringankan beban hidup kelompok MBR.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Nakertrans dan Bank DKI kini telah menyerahkan sebanyak 813 Karpek.
Kepala Dinas Nakertrans, Andri Yansyah mengatakan, pada Tahap 1 tanggal 15 November 2018 diserahkan 173 kartu di Jakgrosir Pasar Induk Kramat Jati. Lalu untuk tahap 2 pada 28 November 2018 diberikan sebanyak 160 lembar bertempat di Pasar Bidadari, dan Pasar Kedoya.

“Terbaru tahap 3 penyerahan dilakukan Sabtu, 15 Desember 2018 di PT Kaho Indah Citra Garment, Kawasan Berikat Nusantara, Jakarta Utara sebanyak 480 Karpek,” ujarnya.

Andri menjelaskan bahwa program Karpek ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja berserta keluarganya. “Pemprov DKI berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja di Ibukota dengan memperluas manfaat kartu khusus diberikan kepada masyarakat pekerja,” terangnya sambil menambahkan hingga saat ini, Dinas Nakertrans DKI telah menerima data pendaftaran dari 147 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 5.491 orang.

Menurut Andri bahwa dari data itu, Dinas Nakertrans DKI Jakarta menyatakan 3.176 pendaftar lolos verifikasi dan sisanya masih berproses.

Seperti diberitakan sebelumnya, penerima Karpek akan memperoleh berbagai manfaat di antaranya, menggunakan bus Transjakarta secara gratis, terdaftar sebagai anggota atau member Jakgrosir, mendapatkan subsidi pembelian kebutuhan pangan, serta anak yang bersekolah mendapatkan bantuan pendidikan KJP Plus.

Untuk mendapatkan subsidi bahan pangan murah, pemegang Karpek dapat melakukan pembelian di 111 lokasi pasar yang dikelola PD Pasar Jaya, 110 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), 18 lokasi rumah susun, dua lokasi Meat Shop PD Dharma Jaya, dan Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan oleh Tim Kerja.

Adapun syarat pengajuan Karpek yakni warga harus memiliki KTP DKI Jakarta, berpenghasilan maksimal setara dengan UMP+10 persen UMP dan tidak dibatasi masa kerja. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here