Bantu Evakuasi Korban Tsunami Banten, BAZNAS Kirim Tim ke Tanjung Lesung

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengirim Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) ke Pantai Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten untuk memberikan bantuan kepada korban tsunami. Tim terdiri dari 10 personil yang bergabung dari BTB Pusat, BTB Banten dan petugas medis dari Rumah Sehat BAZNAS (RSB) Jakarta dengan dua ambulans dan mobil rescue.

Tim menuju Tanjung Lesung untuk membantu melakukan evakuasi dan pertolongan medis bagi para korban baik warga sekitar maupun wisatawan, karena saat kejadian banyak wisatawan berlibur memanfaatkan masa libur panjang.

“Kami telah berkoordinasi dengan lembaga penanggulangan bencana lainnya untuk segera melakukan evakuasi korban yang belum ditemukan,” kata Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta saat melepas keberangkatan tim di Jakarta, Minggu (23/12).

Sesampainya di lokasi, BTB akan mendirikan Pos Layanan bagi para korban dan menyediakan berbagai kebutuhan. Tim BTB melaporkan bahwa saat ini jalur Anyer menuju Carita, Kabupaten Serang, Banten terganggu banyaknya puing-puing bangunan yang terseret arus.

Jalanan aspal juga tertutup lumpur sehingga menghambat laju banyaknya kendaraan yang ingin melintas. Sebagian dari mereka merupakan wisatawan yang ingin segera meninggalkan lokasi.

Komandan Lapangan BTB Dede Nurjaman yang saat ini berada di kawasan Pantai Anyer menyaksikan dampak tsunami ini juga membuat sebuah mobil warna hitam yang semula berada di bibir pantai, terseret menjauh hingga sekitar 200 meter. ■ RED/JOKO

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here