PosBeritaKota.com
Megapolitan

Hadiri Festival Pecinan 2019, ANIES Inginkan Glodok Jadi Destinasi Utama Wisata Ibukota

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Festival Pecinan 2019 sebagai rangkaian peringatan Cap Go Meh digelar di kawasan Glodok Pancoran, Jakarta Barat, Selasa (19/2). Berbagai hiburan dan kuliner hingga pernak-pernik khas Tionghoa disuguhkan dalam memeriahkan acara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan dia ingin menjadikan kawasan Petak Sembilan sebagai salah satu destinasi utama wisata di ibukota. “Saya berharap kawasan Glodok yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dapat menjadi tempat berkunjung. Tidak hanya warga Jakarta, tetapi juga masyarakat global,” ujar Anies di hadapan ribuan hadirin.

Keinginan Anies didasarkan pada sejarah panjang keberadaan kawasan Pecinan di Glodok. “Kawasan ini jadi tempat bertemu banyak masyarakat global, sehingga terjadi persenyawaan, yakni munculnya entitas baru masyarakat di Indonesia,” katanya.

Anies berharap budaya masyarakat Tionghoa di Jakarta tidak hanya dilestarikan, tetapi juga berkembang. “Jika cuma dilestarikan, ia akan menjadi museum. Namun, jika dikembangkan, ia akan ada terus untuk generasi masa depan,” ujar Anies.

Sementara itu Ketua Panitia Festival Pecinan 2019, Anwar Budiman, mengungkapkan acara ini yang kedua kali digelar secara berturut-turut setelah tahun lalu digelar di tempat yang sama.

Anwar menambahkan Festival ini merupakan rangkaian acara 20 Tahun berdirinya perhimpunan Indonesia – Tionghoa (INTI) pada bulan April nanti. Ia pun memastikan ke depannya INTI siap untuk bekerja sama dan mendukung program-program Pemprov DKI. Terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat khususnya pembinaan UMKM dan ekonomi kreatif seperti dalam festival kali ini,” ungkapnya.

Adapun dalam acara Festival Pecinan 2019 turut dimeriahkan sejumlah aksi kesenian kebudayaan Tionghoa dan juga Betawi. Mulai dari pergelaran tari dan musik Tionghoa, parade Koko dan Cici, Barongsai, Liong, Guzhen, Potechi Cinwa, hingga Tari 1000 Tangan Dewi Kwan Im. Untuk kebudayaan Betawi yang ditampilkan Gambang Kromong, ‎Ondel-Ondel dan Egrang. Adapula sejumlah UMKM kuliner juga turut meramaikan kemeriahan.

Festival Pecinan 2019 sendiri berlangsung pada Selasa ini hingga Rabu (20/2/2019), di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat menargetkan 5.000 pengunjung menghadiri festival tahunan tersebut. ■ RED/JOKO

Related posts

Diskusi Pengganti Sandi, PKS dan Gerindra Berebut Kursi Wagub DKI

Redaksi Posberitakota

Bentuk Peduli Umat, MASJID BAITUSSALAM Bencongan Tangerang Melakukan Fogging Basmi Nyamuk Demam Berdarah

Redaksi Posberitakota

Digelar oleh Kanwil Kementerian Agama, SEBANYAK 143 CALON PETUGAS HAJI DKI JAKARTA Ikut Tes CAT & Wawancara

Redaksi Posberitakota

Leave a Comment

Beranda
Terkini
Trending
Kontak
Tentang