Dari Lurah Sampai Kadis, ANIES Melantik 1125 Pejabat Baru Pemprov DKI

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merombak jabatan secara besar-besaran mulai dari lurah sampai kepala dinas (Kadis). Sebanyak 1.125 pejabat baru mulai dari eselon 2 sampai 4 dilantik di Balaikota DKI, Senin (25/2).

Selama kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI sejak Oktober 2017, baru kali ini Anies merombak jabatan struktural dengan jumlah terbesar.

“Saya minta agar Bapak Ibu sekalian segera bekerja di tempat baru sebaik-baiknya. Jangan lama-lama beradaptasi karena masyarakat sudah menunggu,” kata Anies pada acara pelantikan.

Anies mengatakan bahwa rotasi, mutasi dan promosi jabatan ini dilakukan mulai tingkat kepala dinas hingga lurah. Dia ingin seluruh pejabat di pemprov dapat merasakan pengalaman baru.

“Rotasi jabatan di lingkungan pemprov ini diharapkan mampu membawa arah yang lebih baik dalam melayani masyarakat,” kata Anies pada pelantikan yang dihadiri ribuan undangan.

Anies berharap figur-figur baru diharapkan membawa suasana baru di tiap unit-unitnya, di tiap UKPD. “Kemudian bagi pribadinya, personel-personelnya, ini kesempatan untuk menambah pengalaman kompetensinya, sehingga tidak hanya bekerja di sektor-sektor, di tempat-tempat yang sama, ada pengalaman baru,” kata Anies.

Sebanyak 1125 jabatan administrator dan pengawasan yang dilantik, 15 di antaranya pejabat pimpinan tinggi pratama. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Yani Wahyu Purwoko kini menjabat Asisten Deputi Gubernur Bidang Budaya. Wakil Kasatpol PP yang tadinya kosong diisi Sahat Parulian.

Baca Juga:  KPK Temukan 290 Reklame Liar, ANIES Ingatkan Oknum Jadi Beking

Posisinya Yani digantikan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin. Adapun posisi lama Arifin diisi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Isnawa Adji. Posisi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang kosong cukup lama, akhirnya diisi oleh Edy Junaedi.

Edy Junaedi sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Posisi lama Edy diisi Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Benny Agus Chandra.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ratiyono dimutasi menjadi Kepala Dinas Pendidikan. Jabatan lama Ratiyono diisi Achmad Firdaus. Firdaus sebelumnya menjabat Kepala Badan Pengelola Aset DKI Jakarta.

Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi DKI (BPRD) Jakarta Faisal Syafrudin yang tadinya menjadi pelaksana tugas, kini resmi menjabat Kepala BPRD.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta (BPBD) Jupan Royter dimutasi menjadi Asisten Deputi Bidang Perindustrian dan Perdagangan.

Posisi Kepala BPBD diisi Subejo. Subejo sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.
Selain itu, Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Vera Revina Sari diangkat menjadi Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang.

Kemudian, Direktur RSUD Koja Theryoto dipindah menjadi Direktur RSUD Duren Sawit. Posisi lama Theryoto diisi Ida Bagus Nyoman. Ida Bagus Nyoman tadinya adalah Direktur RSUD Budi Asih. Posisi lamanya diisi Tri Noviati. ■ RED/JOKO/G

Beri Tanggapan