Ubin Pemandu Disabilitas Bukan Hiasan, PEMPROV DKI Ajak Tunanetra Susuri Trotoar di Jalan Sudirman

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Pemprov DKI Jakarta bersama komunitas difabel GAUN dan Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) mengkampanyekan kegunaan ubin pemandu yang ada di trotoar. Pada kegiatan tersebut sejumlah penyandang disabilitaa berjalan menyusuri trotoar dari depan Hotel Le Meridien, Jl. Jend. Sudirman hingga Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Dalam acara ini juga dilaksanakan pelepasan lima regu barisan aksi kampanye untuk melakukan aksi serupa yang disebar secara serentak di lima wilayah di DKI Jakarta, yaitu di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara.

“Aksi kampanye ini merupakan upaya menumbuhkan pemahaman masyarakat mengenai arti pentingnya ubin pemandu di jalan trotoar agar tepat guna dan aman bagi difabel,” ujar Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yusmada Faisal, Rabu (3/4).

Menurutnya keberadaan ubin bercorak kasar dan warna kuning ini untuk mewujudkan kesetaraan, infrastruktur yang inklusif yang mengakomodir semua kepentingan.

“Kita membuat trotoar semacam ini di lima wilayah, maka ini perlu disosialisasikan. Alhamdulillah dengan momentum ini kita gaungkan lagi,โ€ ucap Yusmada dalam sambutannya.

Selain itu, Yusmada pun menjelaskan, dengan adanya sosialisasi lewat aksi kampanye ini, diharapkan muncul pemahaman di kalangan masyarakat luas bahwa ubin pemandu bukan sekadar hiasan, namun diperuntukan bagi pejalan kaki disabilitas, terutama penyandang tunanetra.

“Kita terus berjuang agar trotoar itu benar-benar layak untuk berjalan, terutama lansia, ibu hamil, dan khususnya disabilitas,โ€ jelas Yusmada.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Udara di Ibukota, PEMPROV DKI Akan Batasi Usia Kendaraan

Adapun tujuan dari Kampanye Kegunaan Ubin Pemandu serentak di lima wilayah antara lain, memberikan pengetahuan bagimana cara berjalan dengan menggunakan ubin pemandu kepada siswa SLB A, Guru SLB A dan orang dewasa.

“Memberikan pemahaman kepada Pedagang Kaki Lima dan UMKM agar tidak berjualan di atas ubin pemandu dan emberikan pemahaman kepada tukang parkir agar ubin pemandu tidak digunakan untuk lokasi parkir,” jelas Yusmada.

Pada kampanye tersebut tiap wilayah diikuti oleh 60 penyandang disabilitas netra, 40 penyandang disabilitas berbagai ragam, 50 orang relawan, pemerhati disabilitas, perguruan teknik, dan masyarakat luas.

Ubin pemandu disabilitas netra berwarna kuning jingga yang terdiri dari ubin pengarah dengan garis lurus dan ubin peringatan dengan taktil bulat-bulat kecil yang menandakan peringatan akan adanya perubahan situasi seperti adanya belokan, inrit, zebra cross dan lain sebagainya.

Teknologi ubin pemandu merupakan ilmu pengetahuan kekinian, maka banyak SLB Disabilitas Netra belum mengajarkan bagaimana cara berjalan dengan menggunakan ubin pemandu kepada para siswanya. Untuk itu, para pengurus organisasi disabilitas netra perlu juga mensosialisasikan kepada anggotanya cara penggunaan ubin pemandu dan peta jalan yang telah dipasang ubin pemandu sehingga memudahkan mobilitasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun trotoar lebar di 5 (lima) wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mewujudkan 11 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGโ€™s) 2030. โ–  RED/JOKO/G

Beri Tanggapan