KLJ Diserahkan Secara Simbolis, PEMPROV DKI Gelontorkan Rp 291 M untuk 40.000 Lansia

JAKARTA (POSBERITAKOTA) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) kepada sejumlah lansia miskin. Kartu yang berfungsi untuk mencairkan dana bantuan sebesar Rp 600 ribu/bulan diberikan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah, Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Rabu (24/4).

Sejumlah orang lanjut usia (lansia) yang mendapatkan bantuan KLJ tersebut merasa bersyukur. “Alhamdulillah, uang ini bisa buat penenang hari tua. Bisa buat tambah-tambah beli makan,” ujar Sudarso, salah satu penerima manfaat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Anies yang begitu peduli terhadap orang tua yang tidak punya apa-apa,” timpal Nenek Imah.

Anies menjelaskan kartu tersebut hanya diberikan kepada warga DKI berusia di atas 60 tahun, memiliki KTP DKI Jakarta, tidak memiliki penghasilan tetap atau kurang mampu sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, terlantar secara psikis dan sosial, dan sakit telah menahun dan atau hanya terbaring di tempat tidur.

“Intinya adalah orangtua di Jakarta harus kita lindungi kesejahteraannya. Karena itulah kita memberikan program bantuan keuangan yang bisa dicairkan lewat bank DKI. Harapannya agar mereka bisa hidup lebih layak,” ujar Anies.

Masing-masing lansia menerima dana bantuan sosial (bansos) PKD Lansia sebesar Rp. 600.000 per orang per bulan (sesuai dengan Keputusan Gubernur No.406 Tahun 2018).

“Dengan mekanisme penyaluran dana per triwulan dari Rekening KLJ Dinas Sosial DKI Jakarta ke masing-masing rekening lansia dengan pengambilan dananya per bulan,” paparnya.

Anies juga meminta kepada Bank DKI untuk memperlakukan orang tua ini sebagai customer platinum. “Meskipun mereka secara ekonomi lemah tapi mereka adalah orang tua kita yang dulu mendidik membesarkan kita dan ibukota harus menjadi tempat yang menghargai mereka yang sudah berjasa untuk kita,” terangnya.

Tahun 2019 tersedia anggaran untuk Bansos PKD Lansia sebesar Rp 291 miliar dengan sasaran sebanyak 40.419 lansia penerima manfaat yang penyalurannya dibagi dalam 2 tahap. Sebanyak 28.420 lansia yang telah mendapatkan KLJ di tahun 2018 secara otomatis telah menerima dana bansos PKD lansia dan dapat menarik dananya melalui ATM Bank DKI dari Januari – Maret 2019.

Sedangkan bagi pemegang KLJ baru, akan didistribusikan kepada 11.999 lansia Penerima Manfaat baru yang telah melalui proses verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) dan mulai didistribusikan hari ini. ■ RED/JOKO/D

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here