Sukses di MotoGP 2019, RINS Bilang Gaya Balap Punya Peran Penting

HAMAMATSU (POSBERITAKOTA) – Pebalap Tim Suzuki Ecstar asal Spanyol, Alex Rins, tengah mendapat sorotan lebih dari publik karena tampil menawan di awal musim ini. Rins kemudian membeberkan kunci suksesnya tampil bagus pada tiga seri awal MotoGP 2019. Menurutnya, gaya balapnya yang lembut memegang peranan penting atas kesuksesan tersebut.

Rins terus menuai hasil ciamik di MotoGP 2019. Pada tiga seri awal dia berhasil menempatkan dirinya di lima besar. Pada seri ketiga, bahkan Rins dapat merengkuh kemenangan. Peningkatan pesat ini diklaim Rins terjadi karena pemilihan gaya membalap yang tepat.

Menurut Rins, dia berusaha untuk membalap dengan lembut, meski ingin menjadi yang tercepat. Hal ini dilakukannyademi menjaga masa ban yang memegang peranan penting dalam balapan. Karena jika membalap terlalu cepat dia yakin masa ban tidak akan bertahan lama. Kondisi ini pun bakal memengaruhi hasil yang didapat.

Melalui gaya membalap yang lembut ini, Rins pun optimis bisa terus menuai hasil yang manis di ajang MotoGP 2019. Karena hal itu telah terbukti mampu memberikan dampak yang positif. Kini, Rins tengah bertengger di posisi ketiga pada klasemen sementara pebalap MotoGP 2019 dengan torehan total poin 49.

Baca Juga:  Jelang Tes Pramusim, MARQUEZ Siap Tampil di MotoGP 2019 Sepang

“Saya secara otomatis mengikuti gaya membalap saya yang lembut. Saya tidak berlatih secara khusus untuk menjadi sangat fleksibel di atas motor. Saya ingat kisah lucu yang terjadi saat saya berada di Moto3 pada 2013. Mekanik saya berpikir dalam kualifikasi saya akan kembali ke pit saat saya mengemudi perlahan,” ujar Rins, Rabu (24/4/2019).

“Saat ini, sangat penting bagi Anda untuk membalap dengan hati-hati, karena Anda harus memerhatikan ban. Itu semua tentang karet. Jika Anda menekan gas dengan lembut, Anda dapat memperpanjang umur ban belakang. Jika Anda mengemudi dengan lancar, maka Anda juga dapat secara positif memengaruhi degradasi ban depan,” tukasnya. ■ RED/RIO/AYID

Beri Tanggapan